Matt Reeves: The Batman Terinspirasi dari Film Era 1970-an

Matt Reeves merupakan sutradara The Batman.

EPA
Sutradara Matt Reeves mengungkapkan ada sejumlah film 1970-an yang menginspirasinya dalam menggarap The Batman.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Matt Reeves menyampaikan sumber inspirasinya dalam mengembangkan film The Batman. Reeves yang menulis skenario film bersama Peter Craig itu mengaku terinspirasi dari sejumlah sinema lawas di era 1970-an.

Reeves menyebutkan beberapa judul sinema yang nuansa sinematiknya diadopsi untuk The Batman. Ada sinema slasher rilisan 1978, Halloween, serta film bergenre drama, Taxi Driver, yang tayang pada 1976.

Reeves mengibaratkan relasi Batman dengan tokoh James Gordon dari Departemen Kepolisian Gotham City di film mendatang mirip dengan Carl Bernstein dan Bob Woodward. Bernstein dan Woodward merupakan tokoh di drama misteri All The President's Men (1976).

"Maksud saya, semua korupsi yang ada dan bagaimana mereka menanganinya," ujar sutradara berusia 55 tahun tersebut pada konferensi pers virtual global, Jumat (18/2/2022).

Reeves mengatakan, ada banyak sinema era 1970-an yang sejak awal kariernya membuat dia terinspirasi membuat film. Untuk The Batman, inspirasi juga bersumber dari buku komik Year One (1987) serta novel grafis Ego (2000) dari Darwyn Cooke.

Baca Juga

Sang sineas membahas pula proses kreatif menggarap film The Batman, yang siap tayang di bioskop Indonesia mulai 2 Maret 2022. Menurut Reeves, tidak ada urutan yang saling mendahului antara visual dan ide cerita. Semua seperti halaman kosong untuk diisi.

The Batman menyoroti cerita sang jagoan asal Gotham City, yakni Batman alias Bruce Wayne, pada tahun kedua dia memerangi kejahatan. Reeves mengaku sangat tertarik mengeksplorasi sosok Batman yang lebih muda itu, yang diperankan oleh aktor Robert Pattinson.

Sineas yang juga menyutradarai Dawn of the Planet of the Apes itu mengatakan, di filmnya nanti Batman berada di awal perjalanannya sebelum dikenal meluas sebagai pahlawan super.

"Ada ruang untuk bertumbuh, ruang untuk bangkit, dan menempatkan dia di pusat misteri ini," kata Reeves.

The Batman merupakan produksi Warner Bros Pictures, 6th & Idaho, serta Dylan Clark Productions. Film mengadaptasi karakter Batman dari komik DC, ciptaan Bob Kane dan Bill Finger. Selain Pattinson, film turut dibintangi Zoë Kravitz, Paul Dano, Jeffrey Wright, John Turturro, Peter Sarsgaard, Jayme Lawson, Andy Serkis, dan Colin Farrell.

 
Berita Terpopuler