BRIT Awards Netral Gender, Adele Tetap Bilang Senang Jadi Penyanyi Wanita

Sebagian warganet mengecam Adele, sebagian lagi membela pernyataannya di Brit Awards.

EPA
Adele saat menerima penghargaan Brit Awards 2022, Selasa (8/2/2022). Meskipun kini penghargaan itu netral gender, Adele tetap menyebut bahwa dirinya senang menjadi penyanyi wanita. menyebut
Rep: Santi Sopia Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adele mendapat dukungan dari para penggemar di media sosial setelah pelantun "Easy on Me" itu dikecam  karena menyatakan bahwa dirinya "senang menjadi seorang wanita". Pernyataan itu dilontarkan Adele ketika menerima penghargaan Brit Awards 2022.

Dalam pidato penerimaan penghargaan, Adele mengaku tidak percaya jika balada piano dalam lagunya bisa menang melawan banyak penyanyi. Perempuan berusia 33 tahun itu juga menyampaikan terima kasih atas itu semua.

"Terima kasih banyak, saya tidak pernah berubah begitu cepat dalam hidup saya, saya mengenakan gaun pendek supaya tidak tersandung. Ini luar biasa, saya benar-benar tidak mengharapkan yang ini sama sekali," kata Adele kala itu, seperti dikutip Ace Showbiz, Kamis (10/2/2022).

Adele mengaku paham alasan penggantian kategori penghargaan yang semula terdiri dari kategori artis wanita/pria terbaik. Penyanyi dan penulis lagu itu menjadi pemenang terbesar sekaligus mengukir sejarah dalam ajang BRIT Awards 2022.

"Tapi saya sangat suka menjadi seorang wanita, saya sangat suka menjadi artis wanita. Saya menyukainya. Saya sangat bangga dengan kita," kata penyanyi "Hello" itu.

Banyak pihak yang kemudian mengecam Adele di Twitter sejak itu. Dia dianggap tidak pro gender lainnya.

"Tolong, tidak, ADELE jangan jadi TERF (trans-exclusionary radical feminist alias feminis radikal yang transfobia)," komentar seoarang warganet.

Pengguna kedua mencicit, "Siapa yang mengira Adele adalah seorang transfobia dan akan menggunakan platformnya untuk menyerukan penghancuran komunitas trans. Terutama para remaja yang masih bingung," tulisnya.

Baca Juga

Di sisi lain, banyak juga yang memuji Adele. Sebagian dari mereka memberi dukungan bahkan mengucapkan terima kasih kepada ibu satu anak tersebut.

"Terima kasih Adele. Itu saja, terima kasih. Untuk mengucapkan dua kata yang difitnah. Wanita. Wanita," kata penggemar.

"Terima kasih Adele telah menggunakan kata-kata itu. Sangat penting bahwa kita TIDAK PERNAH kehilangannya," tulis pengguna lain dengan menyertakan tagar "woman", "female", "wokebrits", "thebrits", dan "brits2022".

Penghapusan penghargaan berdasarkan gender terjadi setelah penyanyi non-biner Sam Smith mengkritik Brit Awards 2021. Saat itu, Smith tidak dapat dinominasikan dalam penghargaan artis pria atau wanita.

"Saya menantikan saat di mana acara penghargaan dapat mencerminkan masyarakat tempat kita tinggal," kata pelantun "Stay With Me" kala itu.

Malam kemenangan besar bagi Adele terjadi pada 8 Februari 2022. Dia membawa pulang tiga trofi penghargaan Artist of the Year dan Mastercard Album of the Year untuk album 30 serta Song of the Year untuk hitnya, "Easy on Me".

 
Berita Terpopuler