Masuk IPB University Bisa Melalui Beasiswa Utusan Daerah, Ini Syaratnya

Pelamar BUD harus memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK minimal 70,00 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi selama 5 semester pertama.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Ada jalur lain masuk IPB University. Salahnya satunya melalui Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Foto : IPB

Kampus.republika.co.id—IPB University menjadi salah satu perguruan tinggi favorit calon mahasiswa. Selama ini kita mengenal proses penerimaan mahasiswa IPB melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Ada jalur lain masuk IPB University. Salahnya satunya melalui Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Apa itu BUD ?

Dikutip dari laman https://admisi.ipb.ac.id/, BUD adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah. Berikut informasi lengkapnya :

Proses Penerimaan

1. Informasi dari IPB kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga / yayasan.

2. Komitmen dan kesediaan membiayai calon mahasiswa BUD oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, perusahaan, BUMN, lembaga / yayasan (calon penyandang dana).

3. Penjaringan dan seleksi calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana.

4. Pendaftaran BUD secara online oleh penyandang dana ke IPB.

5. Seleksi akhir dan pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa BUD oleh IPB.

6. Penyelesaian Naskah Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IPB dan penyandang dana.

7. Penyelesaian administrasi keuangan oleh penyandang dana.

8. Pemanggilan dan registrasi calon mahasiswa BUD IPB.

9. Perkuliahan mahasiswa dimulai.

Persyaratan Pelamar BUD (Akademik)

1. Berumur tidak lebih dari 25 tahun

2. Memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK minimal 70,00 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester pertama

3. Sehat jasmani dan rohani

4. Bebas narkoba

5. Bersedia tinggal di Asrama PPKU IPB pada tahun pertama

Tanggal Penting (Revisi)

· Pendaftaran : 21 Februari – 31 Mei 2022

· Pengumuman : 24 Juni 2022

· Registrasi online : 25 – 30 Juni 2022

· Periode Pembayaran UKT : 24 Juni – 1 Juli 2022

*Jadwal selanjutnya akan di informasikan kemudian

Komponen Pembiayaan Beasiswa oleh Sponsor

· Biaya pendaftaran Rp 500.000,-

· Biaya Pendidikan Rp 15.000.000,-/semester

· Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) : hanya dibayarkan sekali, sebesar Rp 50.000.000,- / orang untuk semua program studi, kecuali Program Studi Ilmu Gizi dan Kedokteran Hewan (Rp 70.000.000,-/ orang) dan Bisnis (Rp 90.000.000,-/orang)

· Biaya Asrama PPKU IPB Rp 1.400.000,- (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama). Pada tahun pertama mahasiswa wajib tinggal di asrama PPKU IPB

· Biaya Iuran BPJS (bagi yang belum memiliki asuransi kesehatan) Rp 1.320.000,-/tahun

· Biaya penunjang pendidikan (biaya hidup, biaya asrama, biaya buku dan biaya riset) disesuaikan dengan kemampuan masing-masing mitra untuk diberikan kepada penerima beasiswa

Cara Pendaftaran BUD

Pendaftaran BUD dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah/Perusahaan/BUMN/Lembaga/Yayasan, dan dilakukan secara online melalui laman bud.admisi.ipb.ac.id.

Proses Secara Umum

1. IPB melakukan sosialisasi dalam bentuk surat penawaran kerjasama BUD 2020

2. Mitra/Calon mitra penyandang dana menyatakan minat untuk melakukan kerjasama Program BUD 2020 (via telp, datang langsung atau surat permohonan resmi) ke IPB

3. IPB membuat akun mitra/calon mitra untuk dapat login ke laman pendaftaran (admisi.ipb.ac.id)

4. Mitra mengisi data mitra (nama mitra, alamat mitra, PIC program BUD)

5. Mitra mengisi data komitmen beasiswa

6. Mitra mengunduh dan mencetak form komitmen beasiswa tersebut, kemudian ditempel meterai 6000 serta dibubuhi tanda tangan dan stempel basah. Dokumen asli dikirim ke IPB via pos/datang langsung, kemudian softcopy diunggah ke sistem pendaftaran

7. Pada form komitmen juga tercantum komitmen pembayaran biaya pendaftaran BUD 2020

8. IPB melakukan verifikasi pada form komitmen beasiswa tersebut

9. Jika form komitmen beasiswa sudah terverifikasi, IPB membuka akses untuk proses pengisian data siswa pelamar untuk mitra

10. Mitra melakukan pembayaran biaya pendaftaran

11. Mitra melengkapi data siswa pelamar melanjutkan proses input data siswa pelamar, (nilai rapor siswa pelamar) dan membuat akun siswa pelamar

12. Siswa pelamar login menggunakan akun siswa

13. Siswa pelamar melakukan verifikasi nilai rapor, mengisi biodata dan pilihan program studi

14. Setelah semua pelamar menyelesaikan input data, mitra memberikan approval terhadap data siswa pelamar, kemudian submit dan proses pendaftaran selesai.

15. Mitra mencetak kartu peserta untuk dibagikan ke siswa pelamar

16. Proses pendaftaran BUD selesai

Proses oleh Mitra

1. Mitra/calon mitra penyandang dana menerima surat penawaran kerjasama BUD 2020 dari IPB

2. Mitra/calon mitra penyandang dana mengirimkan surat/mengajukan minat untuk melakukan kerjasama BUD 2021

3. Mitra/calon mitra penyandang dana menerima akun mitra dan password dari IPB

4. Mitra/calon mitra penyandang dana melakukan login pada laman pendaftaran BUD di admisi.ipb.ac.id

5. Mitra mengisi data komitmen beasiswa

6. Mitra mengunduh form komitmen beasiswa dan menandatangani form tersebut di atas meterai 6000 serta diberi stempel basah.

7. Mitra mengunggah form komitmen beasiswa yang sudah ditandatangan dan distempel.

8. Jika form komitmen telah terverifikasi, mitra dapat melanjutkan proses pengisian data nilai rapor pelamar pada menu Data Siswa Pelamar sesuai dengan form isian yang tersedia.

9. Mitra menunggu proses verikasi dan input biodata oleh siswa pelamar selesai. Mitra mengedit data nilai rapor siswa jika ada kesalahan entry data. Setelah seluruh data siswa pelamar (nilai rapor, biodata, dan pemilihan program studi) sudah diverifikasi, mitra melakukan approval/penyelesaian data pendaftaran, dan proses pendaftaran selesai.

10. Seluruh data yang sudah diselesaikan dan disetujui tidak dapat diubah kembali dengan alasan apapun

11. Mitra mencetak kartu peserta siswa pelamar untuk kemudian diserahkan kepada masing-masing siswa pelamar.

12. Proses pendaftaran selesai

Proses oleh Siswa

1. Siswa dapat melakukan login pada bud.admisi.ipb.ac.id menggunakan akun pendaftaran yang diberikan oleh mitra

2. Setiap siswa yang telah didaftarkan pada Jalur BUD dapat melihat data pendaftarannya

3. Siswa dapat melihat data nilai rapor yang telah dimasukkan dan melakukan verifikasi nilai. Bila ada ketidakcocokkan data nilai, siswa dapat menyampaikan ke mitra untuk dilakukan perbaikan data nilai

4. Siswa mengisi pilihan program studi dan biodata

5. Siswa harus mengunggah pas foto berwarna yang ukuran filenya maksimum 5 MB

6. Siswa menerima kartu peserta jalur BUD 2020 dari mitra/penyandang dana

Kontak Program BUD

Bagi yang berminat atau inging memperoleh informasi lebih jauh tentang BUD bias menghubungi Sekretariat BUD Program Sarjana Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (Ribka dan Apri) Gedung Andi Hakim Nasoetion lantai 1 Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680 Telpon : 0251-8624092, 8622642 ext. 111, Email : bud@apps.ipb.ac.id Whatsapp : 0812-8226-6876

Website : http://bud.ipb.ac.id

Masih cukup waktu untuk bersiap jika berniat masuk IPB University melalui jalur BUD. Kamu berminat ?

(maya)

Ikuti informasi penting dan keren setiap hari dari kampus.republika.co.id. Anda juga dapat berpartisipasi mengisi konten, kirimkan tulisan, foto, info grafis, dan video melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler