Mahasiswa UNM Raih Juara Dua Lomba Fotografi Tingkat Nasional

Dari hobinya ini Achmad Subagja mahasiswa UNM mengaku bisa menghasilkan uang

istimewa
Berawal dari kecintaanya pada dunia fotografi, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) bernama Achmad Subagja, berhasil meraih juara dua dalam lomba fotografi tingkat nasional
Red: Hiru Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berawal dari kecintaanya pada dunia fotografi, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) bernama Achmad Subagja, berhasil meraih juara dua dalam lomba fotografi tingkat nasional. Lomba ini diselenggarakan secara daring melalui media sosial. Achmad Subagja merupakan mahasiswa prodi Sistem Informasi UNM. Ia mengaku sudah menekuni bidang fotografi sejak beberapa tahun silam.

Baca Juga

Achmad mengatakan bahwa, dari hobinya ini, sekarang bisa menghasilkan uang dengan hanya jepretan foto. “Karena saya hobi dan ingin terus menggali mengenai ilmu fotografi, saya suka memotret objek yg menarik atau momen dengan pas dan ini bisa meredakan stres. Dengan fotografi juga, bisa jadi penghasil uang dengan modal jepretan foto,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Ahad (30/1/2022).

Pada awal tahun 2022, ia berhasil meraih prestasi sebagai Juara 2 dalam dua perlombaan, yaitu Perlombaan Photography FESKOM 2022 yang diselenggarakan oleh AKMRTV Jakarta dan Lomba Photography Jurnalistik 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang pada Januari 2022.

Achmad membagikan kiat-kita dalam mempersiapkan ide dan mental, sebelum mengikuti perlombaan yang pernah diikutinya.“Sebelum melakukan penjepretan, butuh sumber ide yang menjadi dasar untuk memotret. Selain mempersiapkan ide, persiapan mental juga jadi hal yang penting. Sebab, hasil jepretan akan bersaing dengan fotografer-fotografer andal lainnya,” katanya.

Ia mengaku bahwa, dirinya tidak pernah menyangka akan meraih juara 2 dalam dua perlombaan sekaligus di bulan yang sama. Pasalnya, ia merasa peserta lain memiliki teknik dan kualitas foto yang lebih bagus darinya. 

“Faktor keberuntungan juga kadang jadi hal yang menentukan ya, di samping ilmu fotografi yang saya punya. Semoga dengan perolehan juara ini, dapat mendorong para mahasiswa UNM lain untuk turut mengembangkan hobinya agar menjadi sesuatu yang bermanfaat dan mendapatkan hasilnya maksimal,” katanya.

“Belajar fotografi itu asyik dan menyenangkan, bisa mengisi waktu senggang, mendapatkan banyak teman dalam mengembangkan skill di bidang fotografi dan tentu dapat mengharumkan nama kampus di kancang nasional,” tuturnya.

 

 

 

 
Berita Terpopuler