Skip Satu Bahan Makanan Ini Kalau Ingin Hilangkan Lemak Perut

Dr Mosley ungkap bahan makanan yang harus di skip untuk hilangkan lemak perut.

Pxfuel
Obesitas (ilustrasi). Skip saja gula jika ingin mengecilkan lingkar perut.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memangkas satu jenis bahan makanan dari menu harian disebut bisa memberikan dampak serius pada lemak perut. Hal itu disampaikan oleh Michael Mosley, dokter yang sering berbagi tips penurunan berat badan.

"Memangkas asupan gula adalah kuncinya. Ada jumlah mengejutkan dari makanan ringan dan minuman yang tinggi gula, namun dipasarkan sebagai makanan diet karena kebetulan rendah lemak," ungkap penggagas rencana diet The Fast 800 itu.

Mosley merekomendasikan untuk menghindari camilan "diet" tersebut, terutama bagi individu yang berusaha menghilangkan lemak perut. Masalah lemak perut bisa dialami siapa saja, bahkan orang yang kurus sekalipun.

Mosley menjelaskan, perut adalah salah satu tempat paling berbahaya untuk simpanan lemak. Pasalnya, sel lemak di perut yang dikenal sebagai 'lemak visceral' enggan melepaskan simpanan energi. Untungnya, lemak perut bisa dilenyapkan.

Baca Juga

Pedoman mudahnya ialah dengan membatasi asupan makanan atau minuman apa pun yang mengandung lebih dari lima persen gula hingga tidak lebih dari dua kali sepekan. Contoh makanan yang tinggi gula termasuk mangga, nanas, smoothie, serta jus.

Selain membatasi gula, mereka yang hendak berdiet juga disarankan mengganti karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta putih dengan "sumber energi lambat", seperti beras merah atau quinoa. Rencana makan pribadi anjuran Mosley termasuk makanan tinggi protein dan serat, tetapi rendah gula.

Untuk sarapan pagi, ahli nutrisi itu menyarankan sajian omelet jamur dengan asinan kubis ala kimchi yang bagus untuk usus. Ketika makan siang, menu yang dia sarankan adalah salad ayam kunyit karena kunyit punya sifat antiinflamasi. Selanjutnya, contoh menu makan malam yang sehat adalah sajian salmon dan brokoli atau semangkuk nasi dengan tahu kimchi.

Terkait konsumsi makanan ringan, Mosley secara umum meminta untuk menghindarinya. Apabila sesekali ingin memanjakan diri, boleh saja asalkan menyantap sesuatu yang cukup sehat seperti segenggam kacang. Brownies cokelat bebas gula buatan sendiri dengan kurma juga dapat menjadi opsi, dikutip dari laman Express, Selasa (25/1/2022).

 
Berita Terpopuler