Dibanding-bandingkan dengan Billie Eilish, Taylor Swift Respons Penyanyi Nyinyir

Penyanyi Damon Albarn menyebut Taylor Swift tidak menulis sendiri lagu-lagunya.

EPA
Musisi Taylor Swift dikira tidak menulis sendiri lagu-lagunya oleh penyanyi Damon Albarn.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Damon Albarn dari virtual band Gorillaz tiba-tiba nyinyir saat menjalani wawancara dengan LA Times beberapa waktu lalu. Dia menuding Taylor Swift tidak menulis sendiri lagu-lagunya. Mengetahui hal ini, Taylor angkat bicara menjawab tudingan tersebut melalui akun Twitter resminya.

"Saya merupakan penggemar berat Anda sampai saya melihat ini," tulis Taylor sambil mencantumkan link berita yang memuat pernyataan Damon tersebut, dikutip Republika.co.id, Selasa (25/1/2022).

Taylor lalu menegaskan bahwa dia menulis semua lagu-lagunya. Perempuan berusia 32 tahun tersebut mengatakan bahwa pernyataan Damon mengenai dirinya salah dan sangat merugikan.

Lebih lanjut, Taylor mengatakan, Damon tak harus menyukai lagu-lagunya. Akan tetapi, tak seharusnya Damon mendiskreditkan tulisan Taylor.

"Sebagai tambahan, saya menulis tweet ini sendiri, bila Anda bertanya-tanya," kata Taylor.

Dikutip laman BBC, pernyataan kontroversial Damon mengenai Taylor ini disampaikan dalam sebuah sesi wawancara bersama LA Times. Mulanya, Damon mengungkapkan bahwa banyak musisi modern yang hanya bergantung pada iringan musik dan perilaku.

Baca Juga

Pewawancara lalu mengungkapkan bahwa Taylor merupakan salah satu contoh musisi modern yang berbakat. Damon merespons dengan mengatakan bahwa Taylor tidak menulis lagunya sendiri.

Pewawancara tersebut lalu memberi tahu Damon bahwa Taylor menulis lagu-lagunya sendiri. Taylor kerap bertindak sebagai co-writer pada sebagian lagu-lagunya.

"Itu tak masuk hitungan," kata Damon.

Menurut Damon, dia mengetahui apa itu co-writing dan itu sangat berbeda dengan menulis lagu. Damon menekankan bahwa dirinya tak bermaksud untuk membenci siapa pun. Akan tetapi, ada perbedaan mendasar antara penulis lagu dan penulis lagu yang menulis bersama atau co-write.

Damon menyebut, penyanyi yang tidak menulis lagunya sendiri pun bukan hal yang buruk. Beberapa penyanyi ternama, seperti Ella Fitzgerald misalnya, tak pernah satu kali pun menulis lagu.

Berkaitan dengan musisi modern, Damon mengatakan, ia lebih tertarik dengan Billie Eilish dan saudara lelakinya Finneas yang kerap menulis lagu berasama. Dibandingkan Taylor, karya Billie dan Finneas lebih menarik karena lebih gelap dan tidak diwarnai dengan nuansa upbeat.

"Dia (Billie) luar biasa," ujar Damon, seperti dilansir LA Times.

Tak lama setelah Taylor membuat unggahan di Twitter, Damon menyampaikan permintaan maafnya. Damon mengatakan dia sangat setuju dengan Taylor. Dia lalu mengatakan bahwa dalam wawancara tersebut dia sempat berbicara mengenai penulisan lagu, akan tetapi percakapan tersebut dikurangi untuk clickbait.

"Saya benar-benar meminta maaf. Hal terakhir yang ingin saya lakukan adalah mendiskreditkan penulisan lagu Anda. Saya harap Anda mengerti," ungkap Damon.

 
Berita Terpopuler