Akibat Diskriminasi, Muslim India Alami Tekanan Mental

Muslim India alami tekanan mental karena menjadi target Islamofobia.

Pakistan Observer
Muslim India melakukan shoat Jump/
Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  NEW DELHI -- Sania Ahmad, seorang jurnalis dan aktivis yang berbasis di ibu kota India, New Delhi, hari pertama tahun 2022 ternyata mengerikan. Dia terkejut menemukan namanya di sebuah aplikasi, Bulli Bai, di mana ratusan wanita Muslim yang blak-blakan dilelang secara online.

Baca Juga

“Untuk aktif setiap hari, dan mencoba dan menjalani kehidupan normal membutuhkan upaya manusia super, mengingat fakta bahwa anda harus menghadapi kebencian setiap hari. Dibutuhkan kekuatan untuk berdiri, meskipun mengetahui bahwa masyarakat membenci Anda, ”kata Ahmad kepada TRT World .

Namun, ini bukan pertama kalinya Ahmad menjadi sasaran pelecehan online. Hanya beberapa bulan sebelumnya, namanya juga muncul di aplikasi lain yang diposting di platform Github yang sama, 'Sulli Deals', di mana kelompok sayap kanan memposting gambar wanita muslim dan melelangnya secara online.

Insiden-insiden semacam itu telah berdampak buruk pada kesehatan mental Ahmad. 

“Tekanan mental pasti menjadi lebih akut. Kami telah melihat bagaimana diskriminasi dan kebencian terhadap komunitas Muslim telah menjadi arus utama,"ujar Sania.

 

 

Apa yang Ahmad atau wanita Muslim lainnya yang muncul di 'Sulli Deals' atau 'Bulli Bai' terutama terkait kesehatan mental mereka adalah sesuatu yang telah meningkat dan menjadi hal umum dari komunitas muslim.

Dalam sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Health Sciences, ditemukan bahwa muslim memiliki risiko kecemasan yang lebih tinggi di India dibandingkan dengan umat Hindu. Makalah ini juga menemukan bahwa faktor-faktor seperti usia, pendidikan, paparan media, dan jenis kelamin juga secara signifikan terkait dengan masalah kesehatan mental.

Pooja Priyamvada, seorang peneliti kesehatan mental dan aktivis pencegahan bunuh diri yang berbasis di New Delhi, juga menjelaskan bagaimana faktor-faktor seperti jenis kelamin, kelas, dan agama memainkan peran utama dalam menentukan kesehatan mental seseorang.

Dia percaya bahwa ketidakpercayaan antara umat Hindu dan Muslim yang membentuk hampir 94 persen dari populasi negara itu, telah tumbuh begitu banyak sekarang bahkan dapat dirasakan dalam interaksi pribadi.

“Selama pandemi, ketidakpercayaan memuncak karena pandemi terjadi tepat setelah gerakan Shaheen Bagh dan kerusuhan di Delhi. Peristiwa ini memperburuk ketidakpercayaan antara masyarakat dan ini kemudian tercermin dalam cara mereka menjangkau dan mengakses layanan kesehatan,” kata Priyamvada kepada  TRT World.

 

 

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa banyak teman Muslimnya merasa bahwa meskipun mereka menjadi sasaran terutama karena identitas mereka, mereka juga harus menghadapi meningkatnya kebencian setiap hari. 

“Bagi mereka, itu seperti identitas mereka telah dicap pada mereka, dari mana tidak ada jalan keluar. Ini adalah gaya Nazi. Dugaan peran media arus utama dan pemerintah dalam menyebarkan kebencian telah disorot secara khusus oleh para aktivis hak asasi manusia di India.

Ini, pada gilirannya, mengarah pada tekanan mental yang lebih dalam,” Sharjeel Usmani, seorang aktivis mahasiswa Muslim dari Uttar Pradesh, negara bagian terpadat di India, menjelaskan. 

Usmani lebih lanjut menambahkan bahwa masalah tekanan mental begitu kompleks di antara komunitas muslim sehingga banyak orang bahkan tidak menyadari betapa takutnya mereka dipengaruhi oleh hal-hal di sekitar mereka.

“Saya memiliki banyak orang yang mendatangi saya dan mengatakan bahwa mereka tidak merasakan apa-apa lagi. Tidak ada emosi apapun. Saya akan bertanya kepada mereka apakah mereka mengalami semacam masalah kesehatan mental, dan hampir setengahnya akan menjawab ya. Setengah lainnya akan mengaku bahwa mereka bingung. Itu sejauh mana masalahnya,” kata Usmani kepada TRT World .

 

 

Berbicara tentang kesehatan mentalnya sendiri, Usmani menjelaskan bagaimana, dengan kejahatan terhadap muslim menjadi kejadian hampir setiap hari di India, menjangkau keluarga korban telah menjadi pekerjaan birokrasi. 

“Kami mendatangi korban kejahatan kebencian, mengumpulkan detail, dan mencoba mencari cara untuk membantu mereka. Saya merasa seperti batu, tanpa emosi," ujar Usmani.

Pengalaman serupa dialami Aiman ​​Khan, aktivis perempuan muslim yang namanya muncul dalam kasus 'Bulli Bai'. Karena pekerjaannya melibatkan berbicara dengan para penyintas kejahatan rasial dan merekam kesaksian mereka, dia pun mengalami trauma. 

“Saya sudah menjalani terapi, tapi saya merasa terapi itu juga ada batasannya. Sebagian besar trauma begitu mengakar sehingga anda bahkan tidak tahu banyak cara yang memengaruhi anda dalam kehidupan sehari-hari,” kata diakepada TRT World .

Sadaf Vidha, pendiri dan terapis di Terapi Guftagu yang berbasis di Mumbai, mengatakan bahwa masalah kepercayaan adalah hal terpenting ketika seseorang mencari terapi mental.

“Ini mirip dengan wanita yang menjangkau dokter atau terapis wanita sambil membicarakan masalah mereka karena mereka merasa akan lebih simpatik. Orang-orang merasa ingin berkonsultasi dengan terapis muslim karena mereka merasa bahwa seorang Hindu kasta atas mungkin tidak dapat memahami posisi mereka, dan mungkin tidak memahami seberapa besar masalah ini,"ujar Vidha.

 

 

Situasi seperti itu mungkin muncul meskipun banyak umat hindu bekerjasama sama dengan muslim dalam iklim politik saat ini. Banyak orang dari komunitas Hindu juga mencoba dan memahami rasa sakit yang dialami komunitas Muslim,” kata dia.

Vidha juga menyalahkan debat yang ditayangkan di saluran berita utama di India, di mana tema-tema Islamofobia yang terang-terangan disorot oleh para aktivis hak asasi manusia.

“Kita berada pada saat dalam hidup ketika ada banyak ketidakpastian, kehilangan pekerjaan, kaum muda merasa kecewa, dan program TV semacam itu memberi mereka kebencian alih-alih jawaban atas masalah kelangsungan hidup yang mendesak,” jelas Vidha .

Menurut data yang dibagikan oleh Equality Labs, sebuah kelompok hak asasi manusia digital, kata #CoronaJihad, istilah yang mengacu pada gerakan misionaris Islam Jamaah Tabligh yang dituduh menyebarkan Covid-19 di India selama penguncian pertama pada Maret 2020, muncul hampir 300 ribu kali  dan dilihat oleh 165 juta orang di Twitter.

Meskipun kebenaran statistik dapat diperdebatkan, insiden seperti itu dengan jelas menunjukkan bagaimana penggunaan istilah tersebut dapat memicu ketegangan politik dan meningkatkan permusuhan terhadap komunitas tertentu, terutama pada saat seluruh dunia sedang mengalami pandemi.

 

 

Efek lain dari konten Islamofobia yang disebarkan melalui berbagai media adalah dampaknya terhadap remaja muslim, karena mereka juga terpapar konten tersebut dan kebencian yang dibawanya.

“Remaja saat ini jauh lebih sadar akan identitas mereka daripada kita saat remaja, hanya karena remaja saat ini memiliki seluruh dunia di layar mereka,” kata Aiman. 

Efek kekerasan dan kebencian pada anak-anak ditunjukkan secara khusus oleh Priyamvada, yang mengamati peningkatan tekanan mental, terutama kecemasan dan sulit tidur di antara anak-anak setelah kerusuhan Delhi pada Februari 2020.

“Trauma juga bisa berakhir dengan memanifestasikan dirinya secara fisik, seperti yang kami lihat bagaimana anak-anak yang tidak memiliki riwayat gagap berkembang menjadi gagap, dan kami juga memiliki beberapa kasus anak-anak yang mulai mengompol,” kata dia.

Pengarusutamaan kebencian seperti yang dijelaskan oleh Sania Ahmad, juga mempengaruhi anggota komunitas Muslim yang lebih tua. 

 

"Orang tua kami sekarang melihat orang-orang yang mereka besarkan mendukung ideologi yang mencari pemusnahan mereka. Kepercayaan mereka telah hancur. Bayangkan apa yang harus mereka lalui, ”kata Ahmad.n Ratna Ajeng Tejomukti

 
Berita Terpopuler