Eksplorasi Teknologi Rumah Pintar Hingga Hiburan di CES 2022

CES Memberikan gambaran besar bagaimana warna-warni industri teknologi setahun ke dep

ap/Joe Buglewicz/FR171646 AP
Seorang wanita berbaring di meja pijat robot di stan Massage Robotics selama pameran teknologi CES, Rabu, 5 Januari 2022, di Las Vegas.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani  Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pameran Consumer Electronic Show 2022, di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) usai digelar. Meskipun terjadi beberapa vendor yang mengundurkan diri akibat gelombang omicron, perusahaan teknologi besar dan kecil masih tetap muncul secara hibrid dan memperkenalkan beragam produk baru.

Baca Juga

Berbagai inovasi yang diperkenalkan di ajang kali ini pun, memberikan gambaran mengenai seperti apa serbaserbi industri teknologi setahun ke depan. Beberapa produk unggulan yang diperkenalkan di ajang ini, antara lain:

Seseorang memakai perangkat pemetaan otak dan terapi LED iSyncWave EEG di stan iMediSync selama pameran teknologi CES Kamis, 6 Januari 2022, di Las Vegas. - (AP/Joe Buglewicz/FR171646 AP)

Rumah Pintar

Salah satu tema utama CES 2022 adalah fokus pada penyederhanaan pengalaman rumah pintar. Beberapa perusahaan pengembang teknologi rumah pintar pun memanfaatkan CES untuk memperkenalkan berbagai pengembangan yang telah dilakukan perusahaan, salah satunya Arlo.

Sistem keamanan baru Arlo memecahkan salah satu masalah terbesar dalam memantau rumah, yakni sensor eksklusif. Sebagai gantinya, Arlo hadir dengan fitur baru, multi-sensor all-in-one yang dapat ditautkan ke salah satu dari delapan fungsi berbeda.

Fitur ini pun memiliki kemampuan mengenali gerakan, jendela dibuka, kebocoran air, alarm asap, dan banyak lagi. "Sistem multi-sensor all-in one yang menonjol menyederhanakan kehidupan konsumen dengan keserbagunaannya. Sehingga, memastikan mereka dapat meminta satu sensor cerdas untuk menangani berbagai kasus penggunaan," kata Tim Johnston selaku SVP Produk Arlo, dikutip dari Tech Times, pekan lalu.

Selain itu, Johnston melanjutkan, sistem ini bekerja secara mulus dengan perangkat kamera keamanan yang ada di rumah. Pengguna pun bisa mendapatkan fitur yang lengkap dengan penawaran kompetitif.

Di CES 2022 ada pula bola lampu yang dapat melacak kualitas tidur dan detak jantung penggunanya. Dengan teknologi radar baru yang inovatif, bola lampu terbaru dari Sengled ini, dapat mengukur beberapa tanda vital siapa pun yang berada dalam jangkauan. Mulai dari statistik kualitas tidur, detak jantung, dan suhu tubuh. Selain itu, bola lampu ini juga dapat mengetahui ketika seseorang jatuh di dalam ruangan dan secara otomatis meminta bantuan.

 

Untuk kategori rumah pintar, Panasonic juga membuat alat terbaru yang memungkinkan konsumen memasak popcorn dengan berbicara dengan Alexa. Smart Countertop Microwave Oven ini dapat bekerja dengan asisten suara Amazon. Setelah mengatur perangkat, konsumen pun cukup berbicara dengan microwave untuk melakukan lebih dari 100 fungsi dari jarak jauh.

 

 

 

Hiburan di Mana Saja

CES 2022 juga menjadi ajang unjuk gigi untuk divisi TV Samsung. Sebagai permulaan, Samsung mengubah layar beranda televisi untuk menempatkan semua konten layanan streaming ke dalam satu tempat yang mudah dijelajahi.

Ada juga fitur "Tonton Bersama" baru yang memungkinkan pengguna mencolokkan kamera atau ponsel untuk mengobrol sambil menonton konten dengan teman dan keluarga dari jarak jauh. Ajang CES juga menjadi kesempatan bagi Samsung untuk memperkenalkan The Freestyle.

Dirancang bagi Gen Z dan milenial, The Freestyle adalah kombinasi perangkat proyektor, smart speaker, dan ambient lighting yang dikemas dalam sebuah perangkat yang ringan dan portabel. Dengan bobot hanya 830 gram, The Freestyle sangat portabel dan dengan mudah mampu mengubah area apa pun menjadi layar.

Berbeda dengan proyektor konvensional yang statis, The Freestyle memiliki dudukan fleksibel yang memungkinkan rotasi hingga 180 derajat, sehingga pengguna dapat menampilkan video berkualitas tinggi di mana saja, meja, lantai, dinding, atau bahkan di langit-langit, tanpa memerlukan tambahan layar terpisah.

"The Freestyle adalah proyektor unik yang dirancang untuk keserbagunaan dan fleksibilitas tinggi, untuk memenuhi gaya hidup konsumen yang terus berubah," ucap Simon Sung, Executive Vice President and Head of the Sales & Marketing Team of the Visual Display Business, Samsung Electronics.

Menurut dia, tanpa dibatasi oleh ruang, The Freestyle adalah perangkat serbaguna yang dapat digunakan dengan cara apa pun yang dipilih penggunanya. The Freestyle juga memiliki fitur pancaran suara 360 derajat pengguna akan menikmati pengalaman audio sekelas bioskop di mana pun mereka berada.

LG menghadirkan TV OLED 97 in di CES 2022. - (cnet)
 

Home Theater

Di ajang CES, Sony mendahului LG dan Samsung untuk meluncurkan TV Quantum Dot (QD) OLED konsumen pertama. Teknologi ini hadir untuk menghasilkan kualitas gambar yang tak tertandingi, dengan warna hitam sempurna dan kecerahan lebih tinggi.

Meskipun belum mengumumkan harga dan ketersediaan televisi QD-OLED-nya, Sony berbagi beberapa spesifikasi, yakni mereka tersedia dalam ukuran 65 inci dan 55 inci pada resolusi 4K dan dilengkapi dengan perangkat keras terbaik. Termasuk manajemen kabel built-in, kecepatan refresh variabel, dan sepasang port HDMI 2.1.

Dilansir dari Digital Trends, pekan lalu, jenama lain, LG juga menyerbu lantai pertunjukan CES 2022 dengan televisi OLED raksasa berukuran 97 inci dan TV MicroLED HDR 4K berukuran 136 inci. LG juga bekerja membawa layar OLED ke khalayak publik.

 

Mereka memperkenalkan varian 42 inci baru dari TV OLED Seri-C kelas atas, yang berpotensi menjadi favorit banyak orang di antara penggemar TV umum dan gamer. CEO LG, William Cho, dalam pemaparannya, menegaskan langkah ragam inovasi LG untuk 2022 dan upaya besar perusahaan dalam menciptakan pengalaman penggunaan lebih baik dan perhatiannya pada keberlanjutan lingkungan hidup.

Menurut dia, komitmen LG untuk mengurangi dampak lingkungan dan membuat bisnisnya lebih memikirkan aspek keberlanjutan lingkungan menjadi fokus dalam visi A Better Life for All. "Inovasi pada penciptaan perangkat elektronik yang hemat energi tecermin dalam kulkas InstaView dengan salah satu keunikannya pada pintu transparan. Disamping itu, LG juga meningkatkan penggunaan material daur ulang bagi packaging LG Soundbar dan mengurangi komponen berbahan dasar plastik dalam OLED TV," ujarnya.

Tak hanya itu, LG juga telah berancang-ancang menggunakan lebih dari 600 ribu ton plastik daur ulang dalam proses manufaktur dan peningkatan pada pemeliharaan limbah elektronik hingga delapan juta ton pada 2030. Selain itu, sebagai cetak biru pengembangan teknologi di masa depan, LG menawarkan pengalaman lengkap baik bagi pengunjung langsung maupun yang menikmatinya secara daring melalui pengalaman interaktif dengan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

 

Dalam ruang pamernya, hiburan dalam rumah LG digambarkan akan tersaji dalam LG Virtual Studio yang terbagi dalam tiga zona, yaitu LG OLED on Metaverse, ruang pamer virtual dan LG OLED Art. Ketiga zona ini memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi dan memiliki pengalaman akan berbagai produk LG dengan lebih interaktif. 

Komputasi

Komputer juga membuka babak baru di CES 2022. Dell hadir dengan menunjukkan tipisnya Ultrabook terbarunya, dengan XPS 13 Plus. Perangkat ini tidak memiliki ruang antara tombol dan minimal kecepatan. Touchpad-nya merespons dengan haptic response yang memanfaatkan getaran atau sentuhan setiap kali pengguna berinteraksi dengan perangkatnya.

Fungsi bar telah diganti dengan bilah sentuh kapasitif yang intuitif. Selain Dell, jajaran laptop ThinkPad Lenovo juga hadir progresif. Lenovo meluncurkan penyegaran visual yang besar untuk laptop ThinkPad. Perangkat ini menargetkan konsumen dengan usia yang lebih muda.

 

Notebook ThinkPad Z-Series baru hadir dengan eksterior ramping dan akan dijual dalam warna warna funky. Mereka menawarkan perangkat terbarunya yang memiliki chipset Intel dan berjalan pada prosesor Ryzen Pro terbaru AMD untuk pengalaman produktivitas dan gaming yang mumpuni.

 
Berita Terpopuler