Pakar Duga Varian Deltacron di Siprus Hasil Kontaminasi Lab

Siprus temukan kasus varian deltacron, yakni gabungan infeksi varian delta-omicron.

www.pixabay.com
Mutasi virus corona tipe baru, SARS-CoV-2 (ilustrasi). Varian yang dijuluki deltacron dikabarkan muncul di Siprus.
Rep: Puti Almas Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan menanggapi klaim Siprus tentang adanya deltacron, varian baru dari SARS-CoV-2 yang merupakan gabungan dari strain delta dan omicron. Menurut sejumlah ahli, hal itu hampir tidak mungkin terjadi.

Pakar Covid-19 dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Krutika Kuppali, mengatakan bahwa deltacron tidak nyata. Ia mengungkapkan bahwa kemungkinan ini hanyalah hasil kontaminasi di laboratorium dari fragmen urutan omicron dalam spesimen delta.

Baca Juga

Sementara itu, ahli virologi di Imperial College, Tom Peacock, juga mengatakan bahwa deltacron tidak nyata. Ia menyebut bahwa ini tidak sesuai dengan kriteria dari varian baru.

Tanggapan dari komunitas ilmiah datang setelah Leondios Kostrikis, profesor ilmu biologi di Universitas Siprus, mengatakan timnya telah menemukan 25 sampel Covid-19 yang tampaknya adalah gabungan dari strain delta dan omicron. Ia mengatakan bahwa saat ini ada koinfeksi omicron dan delta, dengan kelompok peneliti menemukan jenis ini merupakan kombinasi dari kedua varian.

Peacock menanggapi klaim Kostrikis dengan mengatakan bahwa urutan deltacron di Siprus yang dilaporkan oleh beberapa media besar terlihat jelas merupakan kontaminasi. Ia menyebut itu tidak mengelompok pada pohon filogenetik dan memiliki seluruh pengurutan primer Artic dari potongan DNA/RNA omicron di sisi lain tulang belakang delta.

"Sekuens delta dengan mutasi aneh di amplikon 72 telah muncul selama berabad-abad (misalnya penyisipan delta + mu NTD) namun, mereka selalu menunjukkan pola non-monofiletik ini dan hampir selalu lebih mudah dijelaskan oleh masalah primer ini yang memperburuk pencemaran tingkat sangat rendah," kata Peacock dalam tulisan yang diunggah di jejaring sosial Twitter.

Pakar kesehatan global, Boghuma Kabisen Titanji juga mengatakan di Twitter bahwa informasi yang tersedia saat ini menunjukkan kontaminasi sampel bertentangan dengan rekombinasi sejati varian delta dan omicron. Ia menambahkan hal terbaik yang dapat dilakukan adalah memastikan bahwa vaksin Covid-19 tersedia untuk semua orang dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

Martin Michaelis, profesor di bidang Kedokteran Molekuler di University of Kent mengatakan bahwa belum jelas apakah sampel itu asli atau sisa kesalahan pengurutan atau kontaminasi. Ia menuturkan bahwa sejauh yang diketahui, para peneliti dari Siprus telah mengurutkan sampel SARS-CoV-2 dan menerima urutan genom yang menggabungkan fitur varian omicron dan delta.

"Belum jelas apakah ini nyata atau kesalahan urutan atau konsekuensi dari kontaminasi," kata Michaelis.

Lebih lanjut, Michaelis mengatakan, jika virus yang berbeda dari varian SARS-CoV-2 dianalisis pada mesin yang sama, Anda bisa mendapatkan urutan yang terlihat seolah-olah berasal dari virus baru. Tetapi, pada kenyataannya itu kemungkinan hanya campuran dari virus yang berbeda.

Beda gejala infeksi varian omicron dan delta. - (Republika)

"Oleh karena itu, kita harus menunggu apa yang akan ditunjukkan oleh investigasi lebih lanjut. Bagaimanapun, deltacron bukanlah nama resmi," jelas Michaelis.

Namun, Michaelis memperingatkan bahwa jika dua virus menginfeksi sel yang sama, ada potensi strain untuk bergabung, yang berarti varian hibrida terbentuk. Ia menyebut, virus corona, termasuk SARS-CoV-2, pada prinsipnya memiliki kemampuan untuk menggabungkan kembali materi genetik mereka jika dua virus menginfeksi sel yang sama.

Karena itu, tidak menutup kemungkinan jika seseorang terinfeksi virus varian omicron dan delta secara bersamaan maka akan muncul virus hybrid baru yang membawa kombinasi fitur baru dari kedua virus aslinya. Dengan transmisi omicron dan delta tingkat tinggi pada saat yang sama, virus hibrida semacam itu dapat terbentuk di beberapa titik.

 
Berita Terpopuler