Teladan Nabi Musa dalam Menapaki Perjalanan Tahun yang Baru

Pelajaran reflektif ini dapat dilakukan oleh semua orang yang memiliki tujuan hidup.

Antara/Irwansyah Putra
Teladan Nabi Musa dalam Menapaki Perjalanan Tahun yang Baru
Rep: Amri Amrullah Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun baru sudah di depan mata, berbagai kegiatan telah mengisi jadwal agenda untuk diisi hingga pergantian tahun nanti. Namun, seringkali berbagai kegiatan mengisi pergantian tahun tersebut jauh dari hal-hal reflektif yang mampu memperbaiki masa depan dan tujuan hidup di tahun mendatang.

Baca Juga

Seorang aktivis wanita Muslim dan penggerak komunitas Muslim Yaman di Amerika Hana Alasary mencoba mengajak bagaimana menjalani perjalanan pergantian tahun yang baru sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Nabi Musa AS. Pelajaran reflektif ini dapat dilakukan oleh semua orang yang memiliki tujuan baik itu mental, kebugaran, finansial, maupun sekadar bertahan hidup.

Kenali bagaimana tindakan Anda membawa Anda ke tempat Anda sekarang

Jaga diri Anda untuk selalu menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Sebelum memutuskan mengubah titik akhir Anda, Anda perlu merenungkan bagaimana Anda sampai di sana. Jika ada sampai pada satu titik sekarang, apa yang Anda lakukan (atau tidak lakukan) yang berkontribusi pada situasi yang ingin Anda ubah?

Jika ada hal-hal yang benar-benar bukan kesalahan Anda, keadaan apa di sekitar Anda yang Anda kuasai untuk membuat segalanya lebih mudah?

Nabi Musa pernah melakukan pendekatan strategi ini. {Suatu hari˺ dia memasuki kota tanpa diketahui kaumnya. Di sana ia menemukan dua pria berkelahi: satu dari rakyatnya sendiri, dan yang lainnya dari musuhnya. Pria dari kaumnya memanggilnya untuk meminta bantuan melawan musuhnya. Jadi Musa meninju dia, menyebabkan kematiannya. Musa berseru, “Ini dari pekerjaan setan. Dia jelas merupakan musuh bebuyutan yang menyesatkan.”

Dia memohon, “Ya Tuhanku! Saya benar-benar telah menganiaya jiwa saya, jadi maafkan saya. ”Maka Allah memaafkannya, karena˺ Dia memang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. } (Al-Qasas 28:15-16]

Tindakan Musa menyebabkan peristiwa bencana. Itu akan membantunya untuk menyalahkan orang lain. Tapi, dia menerima dan tetap akan tanggung jawab atas kesalahannya dan berdoa kepada Tuhan untuk pengampunan. Ketika situasi serupa sering muncul kemudian, dia menghindarinya seperti wabah.

 

 

Berharaplah Tuhan selalu membantu ketika dihadapkan persoalan luar biasa

Jika Anda pernah bertanya kepada seorang ibu apakah dia bisa melakukan apa yang harus dilakukan ibu Musa, jawabannya adalah "tidak pernah". Hati dan pikiran manusia sangat kuat, tetapi mereka juga adalah hamba-hamba Tuhan ketika kita menyerahkan mereka kepada-Nya.

Ibu Musa tidak bertindak berdasarkan keberanian dan tawakal ketika dia menempatkan putranya ke atas arus sungai yang deras, tanpa mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Dia ketakutan, kewalahan, dan ragu-ragu. Bahkan, sangat ragu sehingga dia menyesal dan hampir mengungkapkan rencananya. Namun jika dia tak melakukan itu, Musa akan dibunuh seperti semua bayi laki-laki Bani Israel lainnya. Tapi Allah berfirman:

{Ibu Musa sangat sakit sehingga dia hampir membocorkan identitasnya, seandainya Kami tidak menenteramkan hatinya agar dia beriman pada janji Allah.} (Al-Qasas 28:10)

Ketahuilah berkat ini diberikan kepada Anda juga. Baik itu melalui pemikiran positif, konseling kesehatan mental maupun membangun kebiasaan baru, nilai kebutuhan Anda untuk mengubah pikiran dan hati Anda dan mengambil jalan itu. Allah akan melakukan sisanya.

 

Berdoalah, bahkan jika Anda tidak tahu harus meminta apa

"Saya sudah berkali-kali merasakan tantangan di depan saya begitu berat; Saya bahkan tidak tahu apa yang harus saya doakan untuk membebaskan saya dari mereka."

Ini adalah sifat krisis. Itu membuat kita lengah; kita tidak tahu harus berkata apa. Tetapi doa hanya perlu datang dari hati. Allah berfirman:

{Dan ketika hamba-Ku bertanya kepadamu, [Wahai Muhammad], tentang Aku – sesungguhnya Aku dekat. Aku menanggapi seruan pemohon ketika dia memanggil-Ku. Maka hendaklah mereka menanggapi Aku [dengan ketaatan] dan beriman kepada-Ku agar mereka mendapat petunjuk [yang benar].} (Baqarah 2:186)

Seperti kisah Musa, saat mereka menjadi tunawisma setelah melarikan diri dari penjaga kotanya, Musa membuat doa yang begitu sederhana namun transformatif.

{Jadi dia menyirami gembalaan mereka untuk mereka, lalu pergi ke tempat teduh dan berdoa, “Ya Tuhanku! Saya benar-benar 'sangat membutuhkan' rezeki apa pun yang mungkin Engkau sediakan untuk saya.} (Al-Qasas 28: 24).

Kenali keterbatasan Anda dan cari bantuan

Dalam Alquran diceritakan:

{Dan saudaraku Harun lebih fasih daripada aku, maka kirimkanlah dia bersamaku sebagai penolong untuk mendukung apa yang aku katakan, karena aku benar-benar khawatir mereka akan menolakku.} (Al-Qasas 28:34)

Ketika Musa dipanggil untuk kenabian oleh Allah, dia dengan setia menerima tugas itu, tetapi bukan tanpa memahami kekuatan dan bidang peningkatannya. Musa membuat panggilan untuk meminta saudaranya bergabung dengannya dalam perjalanan ini. Jika seorang Nabi cukup bijaksana untuk mencari bantuan, bagaimana mungkin kita merasa jauh lebih baik seolah berada di atasnya.

 

Apa pun tujuan Anda, periksa sekitar lingkaran pergaulan Anda untuk mencari mereka yang dapat mendukung Anda. Cari sahabat, mentor, pasangan yang sama-sama bertanggung jawab. Biarkan orang orang ini yang mengangkat Anda agar Anda tidak jatuh.

 
Berita Terpopuler