Operasional Lembaga Zakat Diharapkan Lebih Efisien

Operasional lembaga zakat diharapkan lebih efisien lagi.

Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai
Rep: Fuji Eka Permana Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Ekonomi Syariah, Yusuf Wibisono, mengatakan, peran lembaga zakat sudah semakin menonjol di mata publik seiring dengan brand awareness lembaga zakat yang semakin baik. Namun, menurutnya operasional lembaga zakat harus lebih efisiensi lagi.

Baca Juga

Yusuf mengatakan, yang perlu diperbaiki lembaga zakat ke depan adalah efisiensi operasional. Artinya ditunjukkan kepada publik bahwa lembaga amil zakat ini efisien.

"Jadi mereka benar-benar menunjukkan dirinya sebagai lembaga nirlaba atau sebagai lembaga yang tidak mencari keuntungan, benar-benar pekerja sosial," kata Yusuf kepada Republika, Kamis (23/12).

Ia mengungkapkan, amil zakat atau pekerja di lembaga zakat pasti butuh digaji dan harus sejahtera. Namun, jangan sampai terlihat ada kesan lembaga zakat kantornya mewah.

Ia menambahkan, jangan sampai terlihat ada kesan bahwa kendaraan operasional direktur lembaga zakat terlalu bagus atau mewah. Artinya jangan sampai ada kesan bahwa lembaga zakat boros.

"Tunjukkan lembaga zakat itu efisien dalam operasionalnya jadi para donatur semakin percaya," ujar Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) ini.

 

 

Yusuf mengatakan, publik malah akan bertanya-tanya ketika lembaga zakat nampak boros. Memang bisa dipertanggungjawabkan kalau diaudit juga bisa mendapat opini WTP. Tapi itu tidak menunjukkan efisiensi, kalau cuma sekedar diaudit untuk mendapatkan opini WTP gampang, tapi publik bisa melihat ini tidak efisien.

Selain itu, Yusuf mengatakan, salah satu hal yang paling penting diperhatikan di tahun 2022 adalah program-program lembaga zakat harus semakin tepat sasaran. Lembaga zakat harus bisa menunjukan kepada publik bahwa mereka mampu menyelesaikan masalah sosial di perkotaan.

 

Ia juga menyarankan agar lembaga zakat memperhatikan masalah lingkungan. Membuat program sedekah yang inovatif seperti sedekah minyak jelantah dan sedekah sampah plastik.

 
Berita Terpopuler