Fakta Zaitun, Tumbuhan yang Sering Disebut dalam Alquran

Zaitun telah disebutkan tujuh kali dalam Alquran.

Fakta Zaitun, Tumbuhan yang Sering Disebut dalam Alquran. Pohon Zaitun
Rep: Santi Sopia Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- “Demi buah ara dan zaitun, demi Gunung Sinai, demi kota keamanan ini. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. (Surat At-Tin 95: 1-4).

Baca Juga

Zaitun telah disebutkan tujuh kali dalam Alquran dan manfaat kesehatannya juga dikemukakan dalam pengobatan Nabi. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Ambil minyak zaitun dan gunakan untuk pijat. Itu adalah pohon yang diberkati”. (Darimi, 69:103).

Layaknya kurma, zaitun juga punya nilai tinggi dalam budaya kuno dan modern. Dalam budaya Mediterania, minyak zaitun telah berfungsi sebagai segalanya, termasuk obat-obatan selama beberapa ribu tahun (Zwingle, 1999).

Merpati yang memegang ranting zaitun di mulutnya telah menjadi simbol perdamaian universal. Dikatakan berasal dari kisah Nabi Nuh SAW, merpati muncul sebagai tanda banjir yang datang sebagai hukuman akan segera mereda.

Minyak dari pohon yang diberkati ini juga telah dikutip sebagai simbol kebaikan dan kemurnian serta digunakan hingga sekarang dalam upacara pengurapan di Gereja Ortodoks Yunani. Industri kosmetik, praktisi kesehatan alami, dan dunia kuliner juga sepakat tentang manfaat buah lezat ini yang kaya akan rasa dan kesehatan.

Industri zaitun menghasilkan 460 juta galon minyak zaitun pada 2000-2001. Minyak zaitun telah berkembang pesat karena konsumen di seluruh dunia sadar akan manfaat dari buah yang menakjubkan ini. Berikut fakta-fakta zaitun, dilansir dari About Islam, Selasa (7/12).

Infografis Empat Jenis Obat dalam Alquran - (Republika.co.id)

 

Fakta Zaitun

Olea europaea, nama ilmiah dari zaitun, berasal dari Asia dan menyebar ke wilayah Mediterania 6.000 tahun yang lalu. Cekungan Mediterania adalah daerah utama budidaya, dengan Spanyol, Italia dan Yunani menjadi negara penghasil zaitun terkemuka di dunia. Produksi zaitun juga telah diperluas ke Kalifornia, Afrika Selatan, dan Australia.

Produksi zaitun umumnya lebih banyak saat pola curah hujan musim dingin. Pohon zaitun adalah pohon kuat yang tumbuh kurang dari 10 meter.

Suhu di bawah titik beku dapat merusak pohon. Pohonnya seperti cemara dengan daun hijau pucat di bagian atas dan keperakan di bawahnya. Kulit batang berwarna abu-abu pucat dan bunganya cukup banyak dengan ukuran kecil berwarna putih krem.

Buahnya berbiji dan berdaging. Warna buah bervariasi dari hijau (mentah) hingga hitam (matang) saat melewati tahap pertumbuhannya. Seiring bertambahnya usia pohon, bisa menghasilkan lebih banyak buah.

Zaitun dibudidayakan melalui okulasi, metode yang biasa digunakan untuk memperbanyak pohon buah-buahan. Batang atau kuncup dari satu tanaman bergabung dengan batang atau kuncup yang lain untuk membentuk tanaman baru. Meskipun diperlukan waktu lebih dari lima tahun bagi sebuah pohon untuk mulai menghasilkan buah, pohon dapat dipanen setiap tahun dan terus menghasilkan buah hingga menjadi tua dan berlubang.

Cara panen zaitun tergantung pada jenis zaitun, jumlah pohon dan jumlah waktu dan uang yang tersedia. Beberapa produsen skala kecil, seringkali dijalankan keluarga, terus memanen buah zaitun dengan tangan.

https://aboutislam.net/muslim-issues/science-muslim-issues/plants-of-the-quran-part-ii-olives/

 
Berita Terpopuler