Susul Meta, 11 Perusahaan Ini Siap Terjun di Metaverse

Facebook mengawali peluang metaverse dengan mengubah nama menjadi Meta.

AP Photo/Tony Avelar
Karyawan Facebook mengambil foto di depan tanda Meta Platforms Inc. baru di luar kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, Kamis, 28 Oktober 2021. Facebook Inc. yang diperangi mengubah namanya menjadi Meta Platforms Inc., atau Meta singkatnya, untuk mencerminkan apa yang dikatakan CEO Mark Zuckerberg adalah komitmennya untuk mengembangkan teknologi surround-yourself baru yang dikenal sebagai metaverse. Namun jejaring sosial itu sendiri akan tetap disebut Facebook.
Rep: Idealisa masyrafina Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan lalu, Facebook membuat heboh dengan mengubah nama induknya menjadi Meta. Pengubahan ini merupakan upaya mengejar peluang di "metaverse". Kini, sejumlah perusahaan mengumumkan rencana realitas virtual (VR) mereka sendiri.

Baca Juga

Metaverse adalah istilah yang diciptakan dalam novel fiksi ilmiah 1992 Snow Crash untuk menggabungkan awalan "meta", yang artinya menunjukkan atau menyarankan kesadaran eksplisit tentang dirinya sendiri, dan kata "verse" untuk menggambarkan alam semesta virtual yang diakses oleh teknologi VR.

Dunia virtual ini dapat mengubah cara kita bekerja, berbisnis, berjejaring, dan berbelanja, yang semuanya memberi peluang besar bagi merek.

Berikut beberapa perusahaan yang sedang membangun metaverse ini, dilansir di Euronews, Selasa (23/11):

Tencent

Media sosial dan raksasa game China, Tencent, dilaporkan memasuki metaverse. Para ahli mengatakan dunia virtual tersebut bisa menjadi pertempuran antara Meta dan Tencent.

South China Morning Post melaporkan tahun ini bahwa perusahaan China itu mendaftarkan banyak merek dagang terkait metaverse untuk situs sosialnya QQ. Tetapi perusahaan belum secara resmi mengumumkan rencana untuk memulai metaverse.

Tencent memiliki kemitraan strategis seperti dengan Epic Games dan platform gim Roblox. Selain itu, kerajaan Tencent mencakup kantor virtual dan pembayaran seluler, sehingga akan memiliki audiens yang besar di berbagai industri.

Tetapi tindakan keras China saat ini terhadap industri Internet dapat berarti metaverse memiliki masa depan yang tidak pasti. Tencent telah mengatakan bahwa mereka percaya Beijing pada dasarnya tidak menolak pengembangan metaverse, selama pengalaman pengguna disediakan di bawah kerangka peraturan.

Roblox Corporation

Platform video game Roblox Corporation baru go public tahun ini. Pada bulan November, ia mengumumkan rencana untuk metaverse yang dibangun di sekitar para pemainnya.

Perusahaan mengatakan ingin menciptakan ruang virtual di mana orang dapat berkumpul bersama dalam jutaan pengalaman 3D untuk belajar, bekerja, bermain, berkreasi, dan bersosialisasi.

Nikeland

Merek ini juga melompat pada kesempatan untuk memasuki metaverse dan melihat potensi iklan yang sangat besar. Raksasa pakaian olahraga Nike bekerja sama dengan Roblox untuk menciptakan dunia virtual yang disebut Nikeland.

Ini akan memungkinkan pengguna untuk mendandani avatar mereka dengan pakaian dan sepatu kets Nike dan akan mencakup arena, lapangan, dan bangunan Nike yang memungkinkan pemain untuk bersaing dalam permainan seperti tag. Untuk saat ini, Nikeland akan gratis untuk digunakan.

Dyson

Pakaian bukanlah satu-satunya komoditas yang dapat menemukan tempatnya di metaverse. Pembuat peralatan rumah tangga Dyson, yang terkenal dengan penyedot debunya, telah membuat Dyson Demo VR.

Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan teknologi simulasi dan visualisasi, sehingga Anda dapat menguji pengering rambut, penata gaya, dan pelurus rambut di rumah.

 

Aldin Dynamics

Bukan hanya perusahaan teknologi besar yang membangun metaverse mereka sendiri. Perusahaan perangkat lunak VR rintisan Islandia, Aldin Dynamics, sedang membangun dunia virtual berdasarkan gim Waltz of the Wizards. Aldin ingin menyediakan tempat di mana imajinasi Anda bisa hidup.

Epic Games

Epic Games telah lama berada di metaverse. Perusahaan di balik video game Fortnite ini telah menjadi lebih dari sekadar gim menembak. Hal ini memungkinkan para pemain gim untuk berpartisipasi dalam pesta dansa dan konser virtual, seperti yang diadakan untuk bintang pop Ariana Grande.

Sensorium

Metaverse tidak akan hanya menjadi surga gim. Perusahaan Sensorium, yang dimiliki oleh miliarder Rusia, Mikhail Prokhorov, sedang membangun Motion World. Ini dapat dijelaskan sebagai tanah virtual bawah air dengan grafis tinggi yang memiliki ruang pertunjukan. Perusahaan mengatakan itu juga akan menjadi ruang bagi pengguna untuk menyegarkan kembali pikiran mereka dengan meditasi dan praktik kesejahteraan.

 

Nvidia

Pembuat chip California Nvidia malah menyebut metaverse sebagai Omniverse. Platform-nya menghubungkan dunia 3D ke dunia virtual bersama. Omniverse dapat digunakan untuk proyek-proyek seperti membuat simulasi kehidupan nyata dari bangunan dan pabrik. Itu bisa menjadi blok bangunan metaverse.

"Kami menyia-nyiakan banyak hal untuk mengimbangi kenyataan bahwa kami tidak mensimulasikan. Kami ingin mensimulasikan semua pabrik di metaverse, di omniverse ini," kata CEO Nvidia Jensen Huang.

Microsoft

Mengubah cara kami bekerja di era COVID-19, Microsoft telah meluncurkan proyek metaverse-nya yang disebut Microsoft Mesh. Dengan menggunakan headset HoloLens 2, Anda dapat memasuki dunia kerja virtual di mana Anda dapat tampil sebagai avatar di kantor virtual.

Perusahaan mengatakan Anda dapat terlibat dengan kontak mata, ekspresi wajah, dan gerak tubuh sehingga kepribadian Anda bersinar.

Google

Raksasa internet Google sejauh ini tetap diam tentang rencananya untuk metaverse. Dalam wawancara baru-baru ini dengan Bloomberg, CEO Google Sundar Pichai tidak jelas ketika ditanya tentang pemikiran perusahaan tentang metaverse.

"Selalu jelas bagi saya bahwa komputasi dari waktu ke waktu akan beradaptasi dengan orang daripada orang yang beradaptasi dengan komputer. Anda tidak akan selalu berinteraksi dengan komputasi dalam kotak hitam di depan Anda," kata Pichai.

Amazon

 

Raksasa e-commerce Amazon juga telah bungkam dalam rencana VR-nya tetapi bisa menjadi pemain besar dalam cara kita berbelanja di metaverse.

 
Berita Terpopuler