Adab dan Akhlak Terhadap Orang Tua

Sudah seyogyanya seorang anak menghormati kebijaksanaan orang tua.

Thoudy Badai/Republika
Adab dan Akhlak Terhadap Orang Tua
Rep: Kiki Sakinah Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam sangat menekankan adab sopan santun dan cara bersikap (akhlak) yang benar dalam berhubungan dengan orang lain tanpa memandang usia, jenis kelamin, warna kulit, agama, atau keyakinan.

Baca Juga

Islam begitu memperhatikan tentang hubungan dengan sesama. Menjaga hubungan baik dengan orang lain harus menjadi prioritas utama dari seluruh Muslim. Pentingnya adab sopan santun ini dalam Islam digambarkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang merangkum tujuan dari seluruh pesannya ke dalam kesempurnaan akhlak terbaik.

Hadits itu berbunyi, "Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak (akhlak terbaik)." (HR Al-Baihaqi dari Abu Hurairah RA).

Di dalam Alquran juga dijelaskan Nabi Muhammad SAW diutus untuk membawa rahmat kepada umat manusia, untuk kebaikan umat manusia dan membimbing umat manusia. Allah berfirman dalam surat 21 ayat 107 yang berbunyi, "Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam."

Tata krama yang baik diterapkan bagi semua orang karena mencakup area pemahaman yang universal. Tata krama tersebut harus menjadi praktik dan kebiasaan sehari-hari yang terwujud dalam bentuk menunjukkan rasa hormat kepada orang lain, bertindak baik, menghindari perilaku yang tidak pantas, menggunakan bahasa yang pantas, membuat orang lain nyaman, dan melakukan upaya yang wajar agar tidak menyinggung orang lain.

Saat anak terpaksa ikut keluar rumah, pastikan mereka juga menerapkan protokol kesehatan. - (Republika)

 

Deana Nassar, penulis artikel tersebut di laman About Islam, menyebut salah satu bentuk akhlak yang sangat penting yang harus diketahui, khususnya anak muda, yakni menghormati orang tua dan yang lebih tua dari kita. Nassar juga berbagi panduan tentang akhlak saat berhadapan dengan orang tua atau orang yang lebih tua.  

Orang tua dan orang yang lebih tua usianya tentu harus senantiasa dihormati seperti halnya Anda ingin mereka menghormati Anda. Sikap menghormati ini adalah bagian dari iman dan mengarah pada moral dan perilaku yang baik yang pada gilirannya memperkuat keimanan.

Akhlak dan sopan santun yang baik ini harus diperhatikan dalam kehidupan pribadi seseorang maupun dalam hubungan seseorang dengan orang lain. Islam telah mengangkat pentingnya kebaikan kepada orang tua ke derajat yang sangat tinggi.

Dalam banyak ayat Alquran, kebaikan kepada orang tua disebutkan setelah beriman kepada Allah. Dengan demikian, kasih sayang kepada orang tua adalah wajib.

Karena itu, hendaknya seseorang bersikap rendah hati di hadapan orang tua, berbicara sopan dengan mereka, melihat mereka dengan cinta dan hormat, berbicara dengan nada yang tidak melebihi nada mereka, memberi mereka akses penuh ke kekayaan Anda, dan menawarkan yang terbaik dari makanan atau minuman kepada mereka. Menghormati orang tua penting untuk diamalkan dan direnungkan, sebab suatu hari orang muda akan silih bergantian menjadi lemah dan tua. Selain itu, orang tua juga telah membesarkan anaknya sehingga menjadi Muslim yang baik.

Adab agar Doa Dikabulkan - (Republika)

 

Karena itu, sudah seyogyanya seorang anak menghormati kebijaksanaan, pengetahuan, rahmat dan ketabahan orang tuanya. Perlu direnungi orang tua telah melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan dan memelihara anak-anaknya. Dengan demikian sudah saatnya anak-anaknya berbuat kebaikan yang sama untuk mereka.

Selain itu, seorang anak seyogyanya berupaya tidak membuat kesal orang tua dan justru berusaha memberikan kebahagiaan kepada mereka. Bagaimanapun, menyenangkan orang tua adalah salah satu tindakan yang paling berbudi luhur.

Allah berfirman dalam Alquran: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (QS. Al Isra:23).

Rasa hormat tidak hanya diterapkan kepada orang tua kita saja, melainkan juga pada mereka yang lebih tua secara usia. Cara menghormati orang yang lebih tua, salah satunya dengan berjalan sedikit di belakangnya dan biarkan mereka masuk dan keluar terlebih dahulu.

Ketika bertemu dengan mereka, sapalah mereka dengan rasa hormat dan akhlak yang baik, dan bukan hanya karena orang itu lebih tua dari Anda. Kemudian ketika berdiskusi dengan orang yang lebih tua, sebaiknya biarkan mereka berbicara terlebih dahulu, dan dengarkan mereka dengan penuh perhatian dan ramah.

Akhlak mulia (ilustrasi) - (republika)

 

Jika percakapan itu melibatkan perdebatan, sebaiknya Anda tetap harus sopan, tenang dan lembut. Ingatlah selalu bahwa mereka lebih berpengalaman dan bijaksana dan pastikan Anda berbicara dengan mereka dengan nada rendah.

Ketika Anda menyapa mereka, jangan pernah lupa untuk tetap hormat. Tidak perlu banyak untuk menyenangkan orang tua Anda, namun pahala dari berbuat baik kepada orang tua itu sungguh besar.

Selain itu, tersenyumlah dan bersikap ramah saat berada di dekat orang tua dan orang yang lebih tua. Sebagaimana diriwayatkan Nabi Muhammad SAW, "Bukan termasuk umatku orang yang tak menghormati orang tua, tidak menyayangi anak-anak, dan tidak memuliakan alim ulama." (HR Ahmad, Thabrani, Hakim).

Rasulullah SAW juga bersabda, "Hamba Allah yang paling dicintai Allah adalah yang paling baik akhlaknya."

Infografis Ibu Susu Nabi Muhammad SAW. Ilustrasi ibu dan anak. - (Republika.co.id)

 
Berita Terpopuler