Sampai Kapan Terjadi Kelangkaan Chip?

Kekurangan chip terjadi dalam skala ekstrim.

Pixabay
Microchip (ilustrasi)
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani  Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chip merupakan komponen penting untuk membuat perangkat elektronik. Namun kini sedang terjadi kekurangan chip secara global.

Baca Juga

CEO Arm Simon Segars membahas kekurangan chip global dalam acara Web Summit di Lisbon beberapa pekan lalu. Dia berpendapat penyelesaian krisis chip saat ini akan memakan waktu.

Segars mengatakan sudah lama berkecimpung di industri semikonduktor ini. Namun, dia belum pernah melihatnya kekurangan chip se-ekstrim saat ini.

“Kami telah berada dalam situasi sebelumnya, di mana ada beberapa kasus kelebihan pasokan, dan, dalam kasus lain, kekurangan pasokan, tetapi tidak pernah seperti sekarang ini,” kata Segars, dilansir dari EET Asia, Senin (8/11).

Segars kemudian berbicara tentang penyebab utama krisis chip saat ini,. Dia mengatakan sebab kelangkaan chip sudah pasti adalah ketidaksesuaian dalam penawaran dan permintaan. Dia berpendapat bahwa memindahkan produksi chip ke komputer, konsol gim, dan perangkat rumah lainnya menciptakan hambatan bagi original equipment manufacturer (OEM) lainnya.

Ketika pandemi dimulai, dia menuturkan, banyak perusahaan bereaksi sangat cepat. “Mereka menghentikan produksi barang-barang yang menurut mereka tidak akan dibutuhkan orang. Dan mobil sebenarnya salah satunya,” ujarnya.

Dia melanjutkan, semua persediaan chip difokuskan pada hal-hal yang benar-benar dibutuhkan orang, yaitu perangkat komunikasi yang memungkinkan orang bekerja dari rumah atau memungkinkan terjadinya homeschooling.

“Di situlah mungkin Anda pergi, dan masih ada permintaan besar untuk perangkat seperti itu. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan permintaan untuk hal-hal seperti mobil akan dimulai kembali,” katanya.

Apa solusinya?

Menurutnya, hal terpenting yang harus dilakukan untuk keluar dari kesulitan dalam situasi ini dan meminimalkan hal serupa di masa depan adalah meningkatkan kolaborasi antara semua pemain dalam ekosistem.

Segars optimistis bahwa investasi saat ini dan masa depan akan memudahkan rantai pasokan dalam jangka pendek, tetapi dia juga berhati-hati agar tidak menciptakan ekspektasi besar. Sekitar 2 juta dolar Amerika Serikat (AS) sepekan akan dihabiskan beberapa tahun ke depan untuk menambah kapasitas dan membangun fasilitas baru.

“Itu akan menambah sekitar 50 persen kapasitas tambahan selama lima tahun ke depan,” katanya.

Masalahnya adalah di mana tempat untuk menambahkan kapasitas ini. Karena ketergantungan saat ini pada Asia untuk sebagian besar produksi chip, banyak orang berpikir bahwa baik untuk mulai membangun lebih banyak kapasitas di tempat lain. Namun, rantai pasokan untuk wafer-blok bangunan dari output-sangat terkonsentrasi dan menyiapkan produksi wafer baru adalah tugas yang jauh lebih sulit.

Albert Liu, CEO Kneron, sebuah perusahaan semikonduktor yang merancang dan membuat Edge AI, serta chipset machine learning untuk mobil setuju dengan Segars.

“Kami berbicara dengan Liu selama acara tersebut dan dia yakin penyebab terbesarnya adalah lonjakan permintaan, terutama dari pasar Amerika Utara,” kata Segars.

Ketika orang-orang mulai membeli mobil lagi, beberapa pembuat mobil, yang frustasi karena tidak bisa mendapatkan pengiriman, mulai menempatkan pesanan rangkap untuk mendapatkan prioritas, sering kali menawarkan untuk membayar lebih.

Ini juga menciptakan masalah yang lebih signifikan merencanakan produksi, karena pabrikan membutuhkan waktu lama untuk memperlengkapi kembali jalur produksi. Dia mengatakan ada masalah lain, seperti kesulitan sumber bahan baku dan kapasitas angkut yang berkurang karena pandemi.

 

Dampak kekurangan chip global

Kelangkaan chipset memang tidak dapat dihindari oleh produsen perangkat pintar terutama perangkat yang membutuhkan prosesor dan berkaitan dengan kecerdasan buatan, seperti ponsel pintar, Internet of Things (IoT) maupun produsen kendaraan roda dua.

PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto A mengatakan pada vendor smartphone, kelangkaan yang terjadi ada pada prosesor 4G. Prosesor 5G, kata Aryo, kabarnya masih dapat dikendalikan.

Namun, dia mengungkapkan saat ini belum terjadi masalah kelangkaan chipset di OPPO.

“Saat ini belum terjadi masalah yang sama di OPPO, setelah masalah tersebut muncul ke muka publik pertama kalinya, kami melakukan kesepakatan produsen chipset untuk dapat menjamin rantai kesediaan stock dari prosesor yang ada,” kata Aryo pada Republika.co.id melalui pesan WhatsApp, Senin (8/11).

 

OPPO berhasil menjamin komitmen dari salah satu produsen tersebut untuk menjaga suplai ke perangkatnya.

 
Berita Terpopuler