Minuman Pendamping Sarapan yang Bantu Turunkan Hipertensi

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka menderita hipertensi.

Pixabay
Jus jeruk. Senyawa hesperidin dalam jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hipertensi perlu dikelola dengan beragam modalitas, termasuk diet.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sari atau jus jeruk merupakan salah satu minuman yang kerap disajikan saat sarapan. Selain menyegarkan dan mudah dibuat, sari jeruk ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mengelola tekanan darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang jarang memunculkan gejala di awal sehingga kerap terabaikan oleh penderitanya. Padahal, hipertensi yang tak terkontrol dapat memicu beragam komplikasi, mulai dari gangguan berpikir hingga serangan jantung dan gagal jantung.

Minum sari jeruk setiap hari tampak memiliki pengaruh baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat sari jeruk dalam manajemen hipertensi ini diungkapan melalui sebuah studi terbaru yang dimuat dalam SpringerLink.

Baca Juga

Studi ini menyoroti peran kandungan hesperidin alami dalam sari buah dan jus buah yang diperkaya dengan hesperidin terhadap tekanan darah. Hesperidin merupakan senyawa berbasis tumbuhan yang dimiliki oleh buah-buah sitrus.

Beberapa studi telah mengungkapkan adanya hubungan antara hesperidin dengan penurunan tekanan darah. Dalam studi ini, partisipan diberikan 500 ml sari jeruk atau jus buah yang telah diperkaya dengan hesperidin selama 12 pekan.

Hasil studi menunjukkan bahwa konsumsi sari jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik pada para partisipan. Tentu, minum sari jeruk saja tidak cukup untuk mengontrol tekanan darah penderita hipertensi.

Gejala hipertensi - (Republika)

Para penderita hipertensi juga perlu mengonsumsi obat-obatan secara rutin agar tekanan darah mereka tetap terkontrol. Di samping itu, pengaturan pola makan dan kebiasaan sehari-hari juga berperan penting dalam mencapai tekanan darah yang ideal, baik untuk penderita hipertensi maupun individu sehat.

Beberapa kebiasaan yang perlu dijauhi agar tekanan darah terkontrol adalah merokok dan konsumsi alkohol. Olahraga secara rutin juga dapat membantu pasien hipertensi dan individu sehat untuk mengontrol tekanan darah.

Baca juga : Sehatkah Makan Popcorn Setiap Hari?

Intensitas olahraga yang disarankan adalah sedang ke berat. Dari sisi makanan, ada beberapa jenis yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Sebagian di antaranya adalah salmon, buah beri, kacang polong, lentil, kacang-kacangan, biji labu, dan tomat. Makanan lain yang tak kalah baik untuk dikonsumsi adalah wortel, brokoli, greek yoghurt, bayam, biji chia, dan biji flax.

 
Berita Terpopuler