Youn Yuh-Jung Dapat Penghargaan Budaya Tertinggi Korea

Youn Yuh-jung merupakan orang Korea pertama yang raih Oscar.

AP Photo/Chris Pizzello, Pool
Aktris Korea Youn Yuh-jung berpose dengan Brad Pitt di press room Oscar, Ahad (25/4) waktu setempat. Youn Yuh-jung memenangkan penghargaan aktris pendukung terbaik di Academy Awards ke-93.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Aktris Korea peraih Oscar Youn Yuh-jung dianugerahi medali budaya nasional tertinggi atas kontribusinya dalam memajukan industri film Korea. Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea memberikan Geumgwan Order of Cultural Merit dalam upacara Penghargaan Budaya dan Seni Populer Korea 2021 di Teater Nasional Korea.

Yuh-jung memenangkan kategori aktris pendukung terbaik di Academy Awards tahun ini untuk penampilannya dalam film Minari. Kemenangan itu membuat aktris berusia 74 tahun itu sebagai orang Korea pertama yang memenangkan Oscar untuk akting.

Sementara itu, Penyanyi-penulis lagu Lee Jang-hee dan mendiang produser film Lee Choon-yun menerima medali Eungwan, yaitu penghargaan tertinggi kedua. Kemudian, penghargaan tertinggi ketiga, Bogwan, diberikan kepada tiga artis, termasuk aktor veteran Park In-hwan.

Baca Juga

Edisi ke-12 dari upacara penghargaan tahunan ini dirancang untuk mengakui kontribusi orang-orang dalam industri budaya dan seni pop,serta memacu keterlibatan yang lainnya. Dua tahun lalu, sutradara Bong Joon-ho dan aktor Song Kang-ho dari Parasite menerima penghargaan serupa setelah film itu memenangkan hadiah No. 1 di Festival Film Cannes.

Setelah sukses dengan Parasite, Joon-ho mendapat kepercayaan untuk memimpin juri utama Venice Film Festival ke-78 pada September 2021. Ini merupakan pertama kalinya sutradara dari Korea Selatan terpilih sebagai juri terbaik Lido.

Bong, yang sebelumnya tidak memiliki hubungan baik dengan Venesia, membuat sejarah pada 2020 ketika Parasite menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan film terbaik dalam hampir 100 tahun sejarah Academy Awards (dan tiga Oscar lainnya di atas itu), setelah memenangkan Palme d'Or Cannes pada 2019.

 
Berita Terpopuler