Jangan Simpan 9 Makanan Ini di Kulkas

Tidak semua makanan aman disimpan di dalam kulkas.

Wallpaper Flare
Tidak semua makanan aman disimpan di dalam kulkas.
Rep: Santi Sopia Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyimpan makanan di lemari es mungkin menjadi cara paling ampuh untuk menjaganya awet tahan lama. Namun ternyata, tidak semua makanan aman disimpan di dalam lemari es.

Baca Juga


Suhu dingin dan kelembapan di dalam kulkas dapat berdampak negatif pada beberapa bahan makanan segar. Jadi, jangan sembarang memasukan makanan ke dalam kulkas. 

Melansir laman southern living, Rabu (27/10), berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

Tomat

Suasana dingin dan lembap di dalam lemari es dapat memengaruhi tekstur tomat. Sebaiknya, jangan menyimpan tomat di kulkas dan jauhkan tomat dari sinar matahari langsung. Bila ingin disimpan di dalam kulkas, jenis tomat ceri adalah satu-satunya varietas yang cenderung bisa tahan lama di lemari es dan tidak cepat membusuk.

Bawang

Sebagian besar jenis bawang paling baik disimpan pada suhu ruangan, termasuk dapur, adalah tempat terbaik untuk menyimpannya. Jika bawang mulai berubah, maka bawang bisa mengeluarkan bau atau residu yang tidak sedap. Bila ingin menyimpan bawang di kulkas, maka haruslah dipotong, dan sisa bawang dapat disimpan dalam kantong atau wadah kedap udara di lemari es.

Kentang

Tdak ada alasan yang tepat untuk menyimpan segala jenis kentang di lemari es. Suhu ruang adalah tempat terbaik untuk menyimpan kentang, dan tempatkan di dalam keranjang atau kantong kertas. Suhu dingin cenderung mempengaruhi tekstur kentang dengan memecah pati, dan mengubah teksturnya menjadi berpasir.

Minyak

Minyak seperti zaitun, alpukat, atau minyak sayur dapat mengental dan mengeras dalam suhu dingin. Kondisi ini tentu tidak disarankan untuk minyak. Itu sebabnya, jangan menyimpan segala jenis minya di dalam kulkas.

Pisang

Untuk mendapatkan rasa pisang terbaik, maka sebaiknya disimpan pada suhu ruang. Bahkan, menyimpan pisang pada suhu ruang juga bisa membuatnya cepat matang. Setelah pisang mulai berubah warna menjadi cokelat, konsumsi segera atau dibekukan. 

Pisang menyebabkan buah-buahan di sekitarnya lebih cepat matang. Jadi, jangan menyiman pesang berdekatan dengan jenis buah lainnya.

 

Madu

Suhu dingin dapat menyebabkan madu mengkristal lebih cepat. Sebaiknya, simpan madu di tempat bersuhu ruang dan sejuk, seperti dapur. Perlu diingat bahwa, seiring waktu, madu memang akan mengkristal.

Roti

Lemari es dianggap membantu menjaga roti agar tidak cepat berjamur. Padahal kelembapan lemari es akan mengeluarkan uap air dari roti, sehingga membuatnya hambar dan kering. Pilihan lainnya, dapat menyimpan roti di freezer dan mengolahnya saat hendak mengonsumsinya kapan pun diinginkan.

Alpukat

Kulkas akan memperlambat proses pematangan alpukat, kecuali jika menyimpannya dalam kondisi sudah matang. Suhu dingin juga dapat mengeraskan tekstur alpukat matang yang akan membuatnya menjadi tidak nikmat saat disantap. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler