Pengamat: Airlangga Cocok dengan Sandiaga atau Erick Thohir

Sejumlah nama juga sudah disebut-sebut cocok untuk mendampingi Airlangga.

ANTARA/Fransisco Carolio/Lmo/aww.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Partai Golkar telah bertekad menyalonkan ketua umumnya Airlangga Hartarto di Pilpres 2024. Keputusan itu sudah diambil sejak 2019 saat Musyawarah Nasional (Munas) Golkar.

Baca Juga

Sejumlah nama juga sudah disebut-sebut cocok untuk mendampingi Menteri Pereokonomian itu melenggang ke Istana di antaranya Erick Thohir dan Sandiaga Uno.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wasisto Raharjo Jati, mengatakan faktor kesukuan formasi ideal untuk menjadi pemimpin di Indonesia.

“Karena hal itu juga menunjukkan keseimbangan dan stabillitas relasi antara Jawa sebagai mayoritas dan non-Jawa sebagai minoritas,” kata Wasisto saat dihubungi Jumat, (15/10)

Wasisto mengatakan, Airlangga dinilai cukup untuk mewakili suara dari kalangan jawa. Sementara Erick Thohir dan Sandiaga Uno dari luar jawa.

“Saya pikir Erick dan Sandiaga akan menjadi cawapres ideal bagi Airlangga dan Prabowo jika kita merunut pada pola Jawa dan non Jawa,” kata dia.

Tapi, faktor Jawa dan non-Jawa bukan satu-satunya indikator dalam memilih pasangan capres dan cawapres. Faktor identitas menjadi penting juga untuk dipertimbangkan.

“Melihat kecenderungan sekarang karena adanya faktor identitas bisa jadi faktor agama diikutkan dalam nominasi capres dan cawapres itu,” terang dia.

 

 

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyebutkan tren popularitas Airlangga Hartarto terus mengalami kenaikan. Popularitas atau tingkat keterkenalan masyarakat terhadap Airlangga menyentuh angka 35 persen.

Sebelumnya tingkat keterkenalan Airlangga pada Maret 2021 hanya 26 persen kemudian pada Mei 2021 mencapai 28 persen. Menanggapi hasil survei tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan partainya masih solid mengusung Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden 2024.

“Kami masih terus berpikir dan bersikap optimistis bahwa calon kami yaitu Pak Airlangga Hartarto yang sudah merupakan keputusan Munas dan diperkuat di Rapimnas satu-satunya calon yang akan mendapatkan tiket dari partai Golkar dan kami secara solid akan tetap mengusungnya sebagai Capres,” kata Nurul dalam acara Rilis survei SMRC berjudul Partai dan Tokoh Calon Presiden: Kecenderungan Sikap Pemilih Menjelang 2024, Kamis, 7 Oktober 2021. 

Nurul menjelaskan kenaikan popularitas Airlangga ini merupakan buah dari hasil kerja-kerja politik baik itu dilakukan oleh partai maupun Airlangga itu sendiri.

 

“Artinya juga ini perlahan tapi pasti kinerja yang dilakukan baik oleh partai dan beliau sendiri sebagai individu yang mempunyai jabatan sebagai Menko bisa menaikan popularitasnya. Dan ini kami sangat syukuri walaupun sekarang masih di billboard di jalan-jalan,” jelasnya.

 
Berita Terpopuler