Pelaku Kejahatan Seksual Anak Berisiko Ulangi Perbuatannya

Di luar negeri, pelaku kejahatan seksual terhadap anak dikebiri kimia jelang bebas.

Republika/ Wihdan Hidayat
Penyanyi dangdut Saipul Jamil telah dibebaskan dari tahanan setelah terbukti bersalah dalam kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog klinis dan forensik, Kasandra Putranto, mengingatkan bahwa tindak kejahatan seksual terhadap anak itu cenderung akan berulang. Karenanya, di berbagai negara, dibuat kebijakan hukum khusus bagi mantan narapidana kejahatan seksual yang akan dibebaskan.

Kasandra mengambil contoh praktik di Rusia dan Amerika Serikat. Kedua negara adidaya itu menggunakan kebijakan penahanan penuh bagi para pelaku pelecehan seksual anak. Lalu, ketika hendak dibebaskan, mereka akan dikebiri kimia.

"Kebiri kimia bukan hukumannya, tapi itu diberikan jika yang bersangkutan mau bebas. Kenapa itu diberikan? Karena menurut penelitian, pada dasarnya tindak kekerasan seksual pada anak itu cenderung akan berulang. Ini sebuah fakta," kata Kasandra dalam program Republika Newstory yang mengulas tentang "Kesempatan Kedua untuk Saipul Jamil".

Baca Juga

Baca juga : Newstory: Kesempatan Kedua untuk Saipul Jamil

Sementara itu, di Korea Selatan, mantan napi kejahatan seksual terhadap anak yang telah bebas akan diberi gelang kaki elektronik. Pemakaian gelang kaki ini guna memperkuat hukuman serta memantau pergerakan mantan napi agar tidak mengulangi kejahatannya.


"Persoalannya, di Indonesia masih jauh panggang dari api. Masih terjadi praktik-praktik yang tidak sesuai dengan prinsip yang sudah ada bukti," kata Kasandra.

Di sisi lain, Kasandra mengapresiasi sikap masyarakat yang kompak membuat petisi penolakan Saipul Jamil tampil di depan publik lagi. Meski hukum Indonesia belum seperti di Korea Selatan, Amerika Serikat, atau negara lain, namun petisi itu bisa mendorong para pemangku kebijakan untuk bertindak tegas terhadap fenomena ini.

Baca juga : Pria di Bandung Barat Aniaya Istri Hingga Tewas

 
Berita Terpopuler