Laporan: Kekerasan Terhadap Muslim Meningkat di India

Kekerasan terhadap Muslim bukanlah fenomena baru.

EPA-EFE/RAJAT GUPTA
Umat Muslim India melaksanakan salat pada kesempatan Idul Adha di Masjid Jama yang hampir sepi karena tetap ditutup untuk umum karena pembatasan Covid-19 di kawasan Lama Delhi, India, 21 Juli 2021. Idul Adha adalah hari raya Idul Adha. paling suci dari dua hari libur Muslim dirayakan setiap tahun, itu menandai ziarah Muslim tahunan (Haji) untuk mengunjungi Mekah, tempat paling suci dalam Islam. Muslim menyembelih hewan kurban dan membagi daging menjadi tiga bagian, satu untuk keluarga, satu untuk teman dan kerabat, dan satu untuk orang miskin dan membutuhkan.
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, NEW DELHI -- Bulan lalu, sebuah video yang menjadi viral di media sosial menunjukkan seorang gadis kecil yang ketakutan berpegangan pada ayahnya yang beragama Islam ketika diserang oleh kelompok beragama Hindu.

Baca Juga

Dalam rekaman video itu, ayah si gadis kecil yang seorang pengemudi becak berusia 45 tahun diarak di jalan-jalan Kanpur. Sedangkan putrinya menangis memohon massa untuk berhenti memukuli ayahnya. Kanpur sendiri adalah sebuah kota di negara bagian utara Uttar Pradesh.

Para penyerang memintanya untuk meneriakkan "Hindustan Zindabad" atau "Hidup India" dan "Jai Shri Ram" atau "Kemenangan bagi Lord Ram", sapaan populer yang telah diubah menjadi seruan pembunuhan oleh massa Hindu lynch dalam beberapa tahun terakhir.

Sang ayah pun menurutinya, tetapi massa masih terus memukulinya. Hingga akhirnya, pria dan gadis kecil itu diselamatkan oleh polisi. Tiga pria yang ditangkap karena serangan itu dibebaskan dengan jaminan sehari kemudian.

 

Beberapa hari kemudian, video viral lain muncul, menunjukkan seorang penjual gelang Muslim bernama Tasleem Ali, ditampar, ditendang dan dipukul oleh massa Hindu di Indore, sebuah kota di negara bagian Madhya Pradesh. Para penyerang terdengar melecehkan Ali dan menyuruhnya menjauh dari daerah Hindu di masa mendatang.

Dalam pengaduan polisi, Ali membuat laporan bahwa dia telah dipukuli oleh lima-enam pria yang melemparkan cercaan komunal kepadanya karena menjual gelang di daerah yang didominasi Hindu. Selain dipukuli, ia juga menjadi sasaran perampokan. Uang, telepon selulernya, dan beberapa dokumen, raib dirampok.

Namun dalam kejadian yang aneh, Ali sendiri ditangkap pada hari berikutnya setelah putri berusia 13 tahun dari salah satu tersangka penyerang menuduhnya melakukan pelecehan. Keluarga dan tetangganya membantah keras tuduhan itu.

Mereka mengatakan, tidak terbayangkan bahwa ayah lima anak itu akan melakukan hal seperti itu. Saksi mata, yang dikutip dalam pers India, menyampaikan, Ali diserang karena identitas agamanya.

Kedua serangan itu, dalam laporan yang dikeluarkan BBC, termasuk di antara beberapa contoh kekerasan anti-Muslim pada Agustus lalu. Namun apa yang terjadi selama Agustus kemarin bukanlah yang paling kejam bagi kelompok minoritas agama terbesar di India dengan populasi lebih dari 200 juta.

"Kekerasan ini merajalela dan umum dan juga sangat dapat diterima," kata Alishan Jafri, seorang jurnalis lepas yang telah mendokumentasikan serangan terhadap Muslim India selama tiga tahun terakhir.

 

 

Jafri menemukan tiga-empat video seperti itu setiap hari. Tetapi hanya dapat memverifikasi satu atau dua yang kemudian dia bagikan di media sosial. Perbedaan agama telah ada di India untuk waktu yang lama, tetapi, para kritikus mengatakan, kekerasan anti-Muslim telah meningkat sejak 2014 di bawah pemerintahan nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi.

"Kekerasan komunal bukanlah fenomena baru-baru ini, tetapi itu tumbuh selaras dengan strategi mereka yang berkuasa dan mobilisasi politik. Ketidakpercayaan itu selalu ada tetapi perpecahan kini dipertajam oleh nasionalisme agama dan etno-nasionalisme," kata Prof Tanvir Aeijaz, yang mengajar ilmu politik di Universitas Delhi.

Prof Aeijaz menjabarkan, serangan terhadap Muslim kelas pekerja, seperti penjahit, penjual buah, tukang listrik, tukang ledeng dan penjual gelang, juga merupakan upaya untuk mengambil kendali ekonomi politik dan pekerjaan melalui nasionalisme agama. Namun, nasionalisme agama, kata Prof Aeijaz, adalah ide berbahaya yang bisa mengarah pada kekerasan sektarian.

"Kesenjangan agama semakin dalam. Ketidakpercayaan semakin dalam. Tapi kebencian juga untuk keuntungan. Idenya untuk menjadikan Muslim sebagai musuh. Proses menciptakan yang lain adalah dengan menyebarkan gagasan bahwa jika kita tidak menghancurkan yang lain, kita akan dihancurkan. Jadi, Anda memicu kebencian, menciptakan ketakutan, dan kekerasan adalah bagian dari narasi yang lebih besar ini," jelasnya.

 

Selama masa jabatan pertama Modi, ada banyak insiden Muslim diserang oleh apa yang disebut penjaga sapi atas desas-desus bahwa mereka telah makan daging sapi, atau bahwa mereka mencoba menyelundupkan sapi. Sapi adalah hewan yang dianggap suci oleh banyak umat Hindu.

Perdana Menteri Modi tidak membenarkan serangan semacam itu, tetapi dikritik karena tidak mengutuk mereka dengan cepat atau cukup keras. Prakash Javadekar, seorang pemimpin senior BJP, mengatakan, pemerintah percaya bahwa hukuman mati tanpa pengadilan itu buruk, di mana pun itu terjadi. Tetapi hukum dan ketertiban adalah subjek negara dan itu adalah tanggung jawab mereka untuk menanganinya.

Javadekar malah menuding media karena membuat laporan jurnalisme yang bias dan selektif dengan berfokus pada serangan terhadap Muslim. "Jika melihat data resmi, ada 160 umat Hindu di antara 200 orang yang digantung. Orang-orang dari semua agama menjadi sasaran," katanya, tetapi tidak memberikan rincian di mana data itu ditemukan.

Pada 2019, sebuah situs pemeriksa fakta yang menghitung kejahatan kebencian di India melaporkan bahwa lebih dari 90 persen korban dalam 10 tahun terakhir adalah Muslim. Dan para pelaku serangan tetap tidak dihukum di tengah tuduhan dan mereka menikmati dukungan politik dari Partai Bharatiya Janata pimpinan Modi.

"Serangan seperti itu telah menjadi begitu umum di negara kita hari ini dan hanya karena impunitas yang dinikmati para preman ini. Hari ini kebencian telah menjadi arus utama. Sangat keren untuk menyerang Muslim. Para penyebar kebencian juga dihargai atas tindakan mereka," kata Hasiba Amin, koordinator media sosial untuk partai oposisi Kongres.

Para kritikus mengatakan sejak Modi kembali berkuasa untuk masa jabatan kedua pada 2019, kekerasan anti-Muslim telah meluas dalam cakupannya. Kadang-kadang, kekerasan itu bahkan tidak bersifat fisik dan mengambil bentuk yang lebih halus dan berbahaya yang tampaknya ditujukan untuk menjelekkan dan menjelek-jelekkan komunitas minoritas.

Misalnya, dalam beberapa bulan terakhir, beberapa negara bagian telah memperkenalkan undang-undang untuk mengekang "jihad cinta", sebuah istilah Islamofobia yang digunakan kelompok pinggiran Hindu untuk menyiratkan bahwa pria Muslim memangsa wanita Hindu untuk mengubah mereka menjadi Islam melalui pernikahan. 

Hukum digunakan untuk melecehkan dan memenjarakan pria Muslim dalam hubungan antaragama dengan wanita Hindu. Desember lalu, nasib seorang wanita Hindu hamil, yang secara paksa dipisahkan dari suaminya yang Muslim, menjadi berita utama ketika dia mengalami keguguran. Wanita Muslim juga tidak luput. Pada Juli lalu, lusinan wanita Muslim menemukan bahwa mereka telah disiapkan untuk dijual secara online.

 

 
Berita Terpopuler