Cara Mengatasi Sakit Kepala di Pagi Hari

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk meredakan sakit kepala.

Rendra/Republika
Sakit kepala kerap muncul di pagi hari. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk meredakannya.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sakit kepala saat bangun tidur tentu dapat mengganggu kelancaran memulai hari. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Jika sakit kepala tak segera hilang, obat bebas bisa dicoba untuk meredakannya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga dapat mengusir sakit kepala atau pusing dengan cepat.

Berikut tips yang dikutip dari laman The Sun, Senin (26/7). Tetapi, jangan lupa konsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebab sakit kepala ya!

Kompres dingin

Baca Juga

Salah satunya adalah menggunakan cold pack atau kompres dingin di kepala selama 15 menit untuk mengatasi migrain.

Bantal penghangat

Cara lainnya adalah menggunakan heating pad atau bantal penghangat. Gunakan alat ini di area leher belakang dan bawah kepala.

Hindari yang ketat di kepala

Mengurangi tekanan eksternal di kepala juga dapat membantu. Tekanan eksternal ini bisa berasal dari ikatan rambut yang terlalu ketat hingga penggunaan topi, pemakaian headband, atau kacamata renang yang terlalu ketat.

Atur pencahayaan

Cara lain yang dapat dilakukan adalah meredupkan cahaya ruangan. Cahaya yang terang atau kedap-kedip dapat memicu terjadinya migrain. Bila memungkinkan, gunakan pula anti-glare pada layar komputer yang kerap digunakan.

Kafein

Konsumsi sedikit kafein juga dapat membantu meringankan sakit kepala. Akan tetapi, jaga agar konsumsi kafein tidak berlebihan karena hal itu dapat memicu kesulitan tidur yang nantinya dapat menyebabkan jenis sakit kepala lain.

Mengunyah

Mengunyah terlalu sering juga sebaiknya dihindari, misalnya mengunyah permen karet. Beberapa upaya lain yang dapat membantu adalah melakukan yoga dan membatasi atau menjauhi konsumsi alkohol.

 
Berita Terpopuler