Dar Maulid Al-Nabi Kini Jadi Perpustakaan di Mekkah

Perpustakaan tersebut dibangun oleh Syekh Abbas bin Yusuf Al-Qathan.

AP/Amr Nabil
Jamaah haji menjaga jarak sosial saat mereka mengelilingi Ka
Rep: Ali Yusuf Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dar Maulid Al-Nabi merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam yang berlokasi di kawasan Syuqullail, tepatnya Syi'ib Thalib, Mekkah. 

Baca Juga

KH Ahmad Chodri Romli dalam bukunya "Ensikloped Haji dan Umrah" mengungkap, usai Rasulullah SAW hijah ke Madinah, rumah tersebut ditempati sepupunya, Aqil bin Abi Thalib. Di masa Abbasiyah, ibundah Khalifah Harun ar-Rasyid, Khakzaran, membangun masjid di rumah tersebut.

"Masjid itu dirobohkan karena banyaknya orang datang untuk mengalap berkah (tabarruk)," katanya.

Lalu, di atas tanah bekas Masjid itu didirikan bangunan yang ditetapkan sebagai perpustakaan, dibangun oleh Syekh Abbas bin Yusuf Al-Qathan pada tahun 1371H/1950 M dengan biaya dari uang pribadinya. Beliau adalah mantan Wali Kota Mekah Al Mukaromah.

 

 

KH Ahmad Chodri Romli mengatakan, jika diukur, dari Masjidil Haram, jaraknya sekitar 150 meter arah Babussalam. Jadi, kata dia, kalau kita berjalan menghadap ke timur membelakangi Ka'bah, maka Dari Maulid al-Rasul yang kini telah dijadikan perpustakaan itu berada pada posisi sebelah kiri dan Jabal qubais di sebelah kanannya.

"Pada bangunan dua tingkat itu ke mana ada papan nama dan tertulis Maktabah Makkah al-Mukaromah," katanya

 

 

 
Berita Terpopuler