Kalimat Pujian Kepada Allah SWT yang Dibaca di Hari Arafah

Hari Arafah disebut memiliki keutamaan untuk beramal baik.

google.com
Jamaah yang tawaf di mataf melakukan doa di depan Ka
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, Hari arafah merupakan salah satu hari penting bagi Umat Islam yang dirayakan setiap tahunnya. Hari Arafah disebut memiliki keutamaan untuk beramal baik karena ganjaran yang begitu besar.

Baca Juga

Namun ada amalan di hari ini yang juga sangat penting untuk diketahui Umat Islam, yakni mengucapkan 10 pujian kepada Allah SWT. Kalimat yang dibaca sebelum meminta permohonan kepada Allah SWT dan disebut akan membuat permohonan seorang hamba mudah terkabul. 

Seperti yang dijelaskan dalam kitab Nashoihul Ibad karya Imam Nawawi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Tidaklah seorangpun yang berdoa dengan doa ini pada malam Arafah sebanyak seribu kali, yakni sepuluh kalimat, lalu ia memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya, selama ia tidak meminta putus hubungan silaturahmi atau permintaan yang berupa dosa.”

 

Adapun sepuluh kalimat tersebut adalah sebagaimana yang dikemukakan oleh Ibnu Abbas RA berikut ini:

Pertama : "Subhaanal ladzii fis samaa-i ‘Arsyuhu," (Maha Suct Tuhan yang ‘Arsy-Nya di langit).

Kedua : “Subhaanal ladzii fil ardhi mulkuhu wa qudratuhu,” (Maha Suci Tuhan yang kerajaan dan kekuasaan-Nya di bumi).

Ketiga : "Subhaanal ladzii fil bahri sabiiluhu,” (Maha Suci Tuhan yang jalan-Nya di fauan).

Keempat : “Subhaanal ladzii fil hawaa-i ruuhuhu” (Maha Suci Tuhan yang ruh-Nya di angkasa).

Kelima : “Subhaanal ladzii fin naari sulthaanuhu,” (Maha Suci Tuhan yang kekuasaan-Nya di neraka). Keenam : “Subhaanal ladzii fil arhaami ‘ilmuhu,” (Maha Suci Tuhan yang mengetahut alam rahim). Ketujuh: “Subhaanal ladzii fil qubuuri qadhaa-uhu,” (Maha Suci Tuhan yang hakum-Nya di alam kubur).

Kedelapan ; “Subhaanal ladzii rafa’as samaa-i bighairi ‘amadin (Maha Suci Tuhan yang membeniangkan langit dengan tanpa batas).

Kesembilan : “Subhaanal ladzii wa dha'al ardha ‘alal maa-i fajamada,” (Maha Suci Tuhan yang meletakkan bumi diatas air, lalu menjadi keras).

Kesepuluh : “Subhaanal ladzii laa malja-a walaa manja-a minhu illa lillaihi ta’aalaa,” (Maha Suci Tuhan yang tidak ada perlindungan maupun keselamatan, melainkan kepada-Nya Yang Maha Mulia).”

Setelah membaca kalimat di atas, maka panjatkanlah doa terbaik atau permohonan kita kepada Allah SWT. Seperti diketahui, hari arafah adalah salah satu waktu terbaik untuk meminta kepada Allah SWT: 

Dari Amr Bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya, Nabi SAW bersabda.

"Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah." (HR Tirmidzi).

 

 

Alkhaledi Kurnialam

 
Berita Terpopuler