Pelabuhan Bakauheni Diperketat Selama PPKM Darurat

Masyarakat dapat menyiapkan dokumen surat sebelum memasuki atau keluar kota.

ANTARA/Ardiansyah
Penumpang berjalan menuju bus yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni di terminal tipe A Rajabasa Lampung, Lampung, Selasa (6/7/2021). Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Lampung menyebut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali berdampak pada sektor perjalanan darat hingga mengalami penurunan sebanyak 70 persen karena penumpang yang biasanya menuju pulau Jawa seperti Tangerang, Jakarta, hingga Surabaya menjadi relatif kosong.
Rep: Mursalin Yasland Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Bandar Lampung dan Kota Metro Provinsi Lampung mulai Senin (12/7). Posko Penyekatan di Pelabuhan Bakauheni sarana hilir mudik penumpang dan kendaraan diperketat.

Baca Juga


Petugas satgas telah menyiapkan posko penyekatan di Bakauheni untuk mengawasi mobilitas orang dan kendaraan dari Jawa dan Sumatra yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni dan sebaliknya. “Penyekatan di Bakauheni diperketat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo dalam keterangan persnya, Ahad (11/7).

Bambang mengatakan, selain di Bakauheni posko penyekatan juga digelar di Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) KM 240, juga dilakukan penyekatan di Pelabuhan Merak. Pelaku perjalanan, ujar dia, dapat melintas bila memiliki dokumen resmi dan lengkap diantaranya surat keterangan negatif Covid-19 dan surat vaksin.

Pelaku perjalanan yang melintas di posko penyekatan, tidak memiliki dokumen perjalanan selama masa pandemi Covid-19, akan dilakukan putar balik ke daerah asal. Pelaku perjalanan yang membawa dokumen lengkap dapat melintas di posko penyekatan dengan kepentingan mendesak.

Penerapan PPKM darurat di Kota Bandar Lampung juga akan dilakukan penyekatan di pintu masuk kota seperti di Bundaran Tugu Raden Intan, dan pintu keluar JTTS Sukarame.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana meminta masyarakat dapat menyiapkan dokumen surat sebelum memasuki atau keluar kota. Ia meminta maaf kepada masyarakat karena terganggu aktivitasnya karena penerapan PPKM darurat di Bandar Lampung.

“Saya minta maaf karena terganggu aktivitas masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan Kota Bandar Lampung ditetapkan sebagai zona merah padahal sudah bekerja keras untuk menurunkan statusnya menjadi zona kuning atau hijau. “Namun apa daya kita sudah bekerja keras,” ujar mantan anggota DPRD Lampung.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
Berita Terpopuler