Anti-Semit Jadi Propaganda dan Mengapa Hanya Identik Yahudi?

Anti-Semit hanya dikaitkan dengan kebencian terhadap entitas Yahudi

Anti-Semit hanya dikaitkan dengan kebencian terhadap entitas Yahudi. Ilustrasi Yahudi
Rep: Umar Mukhtar Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anti-Semitisme, atau anti-Semit, sudah menjadi hal yang lumrah bagi siapa saja yang mengkritik Israel. Bahkan orang Arab, yang awalnya adalah Semit karena mereka keturunan Sam putra Nabi Nuh, sebagian besar adalah Semit. Lantas mengapa anti-Semitisme berarti anti-Yahudi? 

Anti-Semitisme adalah permusuhan, kebencian atau rasisme terhadap orang Yahudi sebagai kelompok ras, agama dan etnis, yaitu permusuhan terhadap orang Yahudi dan Yudaisme. Wartawan Jerman-Yahudi, Wilhelm Marr, adalah orang pertama yang menggunakan istilah ini pada 1879 dalam bukunya "The Victory of Judaism over German-From a Non-Religious Perspective". 

Hal itu untuk menggambarkan gelombang permusuhan terhadap orang-orang Yahudi di sentral Eropa pada pertengahan abad kesembilan belas. Buku itu diterbitkan setelah pendekatan yang mengikuti Perang Prancis-Prusia (1870-1871) menyebabkan kehancuran banyak pemodal Jerman yang menyalahkan orang-orang Yahudi. 

Arti harfiah dari ras Semit atau Semit mencakup orang Arab, tetapi sebagian besar putra Sam, putra Nuh, adalah orang Arab. Dari sudut  pandang agama, para penafsir percaya bahwa ayat Alquran, "Dan Kami jadikan keturunannyalah yang akan tetap tinggal" adalah bukti bahwa hanya anak-anak Nabi Nuh yang tersisa di bumi setelah Air Bah. 

Keturunan Semenanjung Arab (Hijaz, Yaman, dan sebagian Irak) setelah Air Bah dikaitkan dengan putra tertua Nabi Nuh, Sam, dan bahasa Arab dianggap sebagai salah satu bahasa Semit yang paling menonjol. Di masa lalu, beberapa sejarawan biasa menyebut bahasa Semit "bahasa Arab" dan "bangsa Arab" untuk orang Semit.

Meski demikian, Semitisme tidak terbatas pada orang Arab, tetapi juga mencakup orang-orang Yahudi di wilayah Arab. Juga, Semit termasuk etnis lain seperti Aram yang mendiami Suriah tengah dan utara dan bagian barat laut Mesopotamia pada abad kedua belas dan kedelapan SM. Tetapi yang dimaksud dengan istilah "anti-Semitisme" tidak termasuk orang Arab.

Istilah Semit dalam bahasa-bahasa Eropa menghubungkan Semit dan Yahudi dan menyatukan mereka. Pemikir dan sosiolog Mesir, Abdel Wahab El-Mesiri, percaya pada bagian kedua dari bwuku "The Encyclopedia of Jews, Judaism and Zionism" bahwa alasan mendefinisikan Semit sebagai orang Yahudi adalah ketidaktahuan para peneliti Eropa pada abad kesembilan belas tentang peradaban timur, dan kurangnya pengetahuan lengkap mereka tentang formasi peradaban Semit atau afiliasi ras, etnis, dan bahasa yang sama dari anggota kelompok Yahudi.  

Poin kedua secara khusus adalah apa yang digunakan beberapa peneliti untuk membedakan antara hubungan sebagian orang Yahudi dengan Semit. Orang-orang Yahudi di Jazirah Arab adalah satu-satunya orang Semit, sama seperti Muslim dan Kristen di Jazirah Arab. Artinya orang Yahudi etnis non-Arab bukanlah Semit, karena Semit dihubungkan oleh ras dan bukan oleh agama, seperti yang dijelaskan Elmessiri dalam bukunya.

Namun, dengan munculnya Kekristenan pada Abad Pertengahan di Eropa, permusuhan terhadap orang-orang Yahudi meningkat sebagai kelompok agama terpisah yang tidak percaya kepada Kristus dan menolak untuk masuk Kristen. 

Bahkan dengan kemunduran Kekristenan pada abad ke-18 dengan Zaman Pencerahan, permusuhan terhadap orang-orang Yahudi berlanjut, tetapi sebagai kelompok etnis dan nasional dengan status lebih rendah.

Sistem apartheid didirikan di negara-negara Katolik Roma, dan gerakan politik dan agama anti-Yahudi meningkat di bawah slogan-slogan "anti-Semitisme". Orang-orang Yahudi di Eropa menjadi sasaran pembantaian, terutama Holocaust, yang menjelaskan hubungan antara konsep "anti-Semitisme" sebagai ajakan untuk mendirikan pogrom. Situs web ADL, salah satu organisasi yang menolak "anti-Semitisme", menggambarkannya sebagai anti-Yahudi.

Karena itu, istilah anti-Semitisme telah dibatasi pada “kebencian terhadap orang Yahudi, sebagaimana European Monitoring Center on Racism and Xenophobia mendefinisikannya sebagai manifestasi retoris dan fisik yang ditujukan pada orang Yahudi atau non-Yahudi atau properti mereka, dan terhadap Institusi komunitas Yahudi dan fasilitas keagamaan.

Lantas kapan seseorang dituduh anti-Semitisme? Kantor Urusan Publik Departemen Luar Negeri Amerika Serikat membantah sejumlah contoh anti-Semitisme modern. Pertama ialah menganjurkan, membantu, atau membenarkan pembunuhan atau perusakan orang Yahudi.

Kedua, membuat klaim palsu, tidak manusiawi, menjelekkan, atau stereotip tentang orang Yahudi, atau berbicara tentang kekuatan orang Yahudi sebagai kelompok atau konspirasi Yahudi global, atau tentang kendali Yahudi atas media, ekonomi, pemerintah, atau lembaga sosial lainnya.  

Ketiga, menuduh orang-orang Yahudi sebagai orang yang bertanggung jawab atas kesalahan nyata atau yang dibayangkan yang dilakukan satu orang atau kelompok Yahudi, Negara Israel, atau bahkan untuk tindakan yang dilakukan oleh non-Yahudi. Keempat, menuduh Yahudi sebagai suatu bangsa atau Israel sebagai negara yang mengada-ada atau membesar-besarkan Holocaust.

Kelima, menuduh warga Yahudi lebih setia kepada Israel, atau pada dugaan prioritas orang Yahudi di seluruh dunia, daripada kepentingan negara mereka sendiri. Ini adalah contoh-contoh kerangka umum terkait apa yang oleh beberapa negara dianggap anti-Semitisme.

Ada contoh lain yang terkait dengan Israel secara khusus, yang meliputi tiga hal yang menjadi garis besar. Tiga itu ialah demonisasi Israel, standar ganda Israel, dan delegitimasi Israel.

Contoh demonisasi Israel adalah, pertama, penggunaan simbol dan gambar yang terkait dengan anti-Semitisme klasik terhadap Israel atau Israel. Kedua, menggambarkan perbandingan antara politik Israel kontemporer dan politik Nazi. Ketiga, menyalahkan Israel atas semua ketegangan politik dan agama.

Sedangkan standar ganda untuk Israel, yaitu pertama ialah penerapan standar ganda sebagai perilaku yang tidak diharapkan atau dituntut dari negara demokrasi lainnya. Kedua, organisasi yang mendukung investigasi perdamaian atau hak asasi manusia yang hanya berfokus pada Israel. Terakhir adalah delegitimasi Israel. Bentuknya yakni menyangkal hak orang Yahudi untuk menentukan nasib sendiri, dan menyangkal Israel haknya untuk hidup.

Namun pernyataan fakta Utusan Khusus Amerika Serikat untuk Memantau dan Memerangi Anti-Semitisme memastikan bahwa kritik yang ditujukan kepada Israel, yang serupa dengan sesuatu yang ditujukan pada negara lain mana pun, tidak dapat dianggap anti-Semit.

Situs web International Holocaust Remembrance Alliance (IHRA), yang mencakup 34 negara anggota, menunjukkan bahwa kerangka kerja umum mengenai gambaran "anti-Semitisme" ini diadopsi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Uni Eropa (yang mengeluarkan deklarasi di 2018 tentang memerangi anti-Semitisme untuk melindungi masyarakat dan institusi Yahudi di Eropa) serta Komisi Eropa Menentang Rasisme dan Intoleransi.

 

Sumber: arabicpost    

 
Berita Terpopuler