Tiga Helikopter Water Boombing Siaga Cegah Karhutla Riau

Sebelumnya, karhutla ditemukan di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Antara/Rony Muharrman
Sebelumnya, karhutla ditemukan di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau.
Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan, tiga helikopter water boombing telah disiagakan untuk membantu proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). "Dari tiga unit heli yang disiagakan, hari ini (Senin) dua unit diterbangkan ke Pelalawan untuk membantu pemadaman api di lahan Kuala Kampar, sedangkan satu unit lagi masih disiagakan di Lanud Roesmin Nurjadin," kata Edy di Pekanbaru, Senin (5/7).

Baca Juga


Dia mengatakan, sebenarnya helikopter yang akan disiagakan ada lima unit, namun dua helikopter lagi belum dioperasikan karena masih menunggu perpanjangan izin, sedangkan permohonan perpanjangan izin sudah disampaikan ke pusat. Selain lima heli water boombing, katanya, saat ini sudah ada satu unit pesawat yang disiagakan di Riau. Pesawat jenis Cessna Caravan ini digunakan khusus untuk patroli memantau kebakaran lahan di Riau.

"Jadi kita punya lima heli dan satu pesawat, tetapi yang pesawat ini khusus untuk patroli, sedangkan yang lima heli bisa digunakan untuk water boombing, tetapi yang dua masih menunggu perpanjangan izin," katanya.

Sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan ditemukan di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan. Untuk membantu proses pemadaman karhutla di Kuala Kampar ini, Satgas Udara Penanganan Karhutla Riau menurunkan dua helikopter water bombing ke lokasi kebakaran.

"Pemadaman masih dilakukan dan hari ini,. Dua heli kita kerahkan ke lokasi untuk melakukan water boombing. Kami terus berkoordinasi dengan BPBD Pelalawan untuk bersama-sama mengatasi karhutla di Kuala Kamparagar bisa segera teratasi," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
Berita Terpopuler