Di Militer Prancis, Keberadaan Islam Justru Diakui

Toleransi justri ditemukan dalam militer Prancis.

google.com
Muslim Prancis serukan stop Islamofobia
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, Enam tentara berseragam berdiri dengan kepala tertunduk saat seorang imam memimpin shalat di sebuah masjid kecil di pangkalan militer Prancis, di Libanon selatan. Di sebelah mereka ada lukisan berbingkai ayat-ayat Alquran.

Baca Juga

Setelah shalat berjamaah, mereka yang terdiri dari lima pria dan satu wanita, kembali ke tugasnya masing-masing di pangkalan militer. Mereka baru saja merayakan bulan suci Ramadhan sekaligus Hari Raya Idul Fitri. Selama Ramadhan, mereka terkadang buka puasa bersama orang-orang beragama Kristen.

Keadaan tersebut tampak kontras dengan situasi di Prancis sendiri, di mana Islam dan dan posisinya di lingkungan masyarakat membentuk garis patahan yang semakin terpecah. Bagi seorang Muslim di Prancis, mempraktikkan agama mereka tidak pernah semudah itu.

"Toleransi yang kami temukan di angkatan bersenjata, kami tidak menemukannya di luar," kata 2nd Master Anouar (31 tahun), yang menjadi anggota militer 10 tahun lalu. Sesuai aturan militer Prancis, hanya nama depannya yang dapat diidentifikasi, dilansir dari BDNews 24.

Selama dua dekade terakhir, karena populasi Muslim Prancis telah mencari peran yang lebih besar di negara itu, para pejabat Prancis sering mencoba membatasi Islam di bawah sekularisme Prancis yang semakin ketat, yang dikenal sebagai laicite.

 

 

Sebuah undang-undang yang ditujukan untuk jilbab Muslim pada tahun 2004 melarang pemakaian simbol agama di sekolah umum, dan memicu perdebatan bertahun-tahun tentang perlakuan Prancis terhadap populasi Muslimnya, yang terbesar di Eropa. Undang-undang baru menentang Islamisme oleh Presiden Emmanuel Macron diharapkan dapat memperkuat kontrol pemerintah atas masjid-masjid yang ada dan mempersulit pembangunan masjid baru.

Namun, justru institusi besar malah mengarah ke arah yang berlawanan: Militer. Angkatan bersenjata telah mengukir tempat bagi Islam yang setara dengan agama-agama yang lebih mapan di Prancis.

Masjid-masjid telah dibangun di pangkalan-pangkalan di Prancis dan di seluruh dunia, termasuk di Deir Kifa, di mana sekitar 700 tentara Prancis membantu pasukan PBB menjaga perdamaian di Lebanon selatan. Ransum halal ditawarkan. Hari libur Muslim diakui. Jadwal kerja disesuaikan untuk memungkinkan tentara Muslim menghadiri shalat Jumat. 

Lebih dari itu, militer adalah salah satu institusi yang paling berhasil mengintegrasikan Muslim ke dalam lingkungannya. Seorang pejabat militer menyampaikan, bagaimana keberagamaan di militer bisa menjadi model untuk seluruh Prancis. Seperti Angkatan Darat AS dalam hal mengintegrasikan orang kulit hitam Amerika.

 

 

Di negara di mana ekspresi keagamaan dalam pengaturan pemerintah dilarang, dan di mana manifestasi publik Islam sering digambarkan sebagai ancaman bagi persatuan Prancis, terutama setelah serangkaian serangan Islam sejak 2015, posisi Islam yang tidak terbantahkan di militer bisa sulit untuk dipahami.

"Ayah saya, ketika saya memberi tahu dia bahwa ada seorang pemuka agama Islam, tidak percaya kepada saya. Dia bertanya kepada saya tiga kali apakah saya yakin. Karena dia berpikir bahwa seorang pendeta harus Katolik atau Protestan," kata seorang Kopral Lyllia (22 tahun) yang menghadiri shalat Jumat mengenakan kerudung.

Anggota militer Prancis yang lain, Sersan Azhar (29 tahun) menyampaikan, dia dibesarkan untuk menghadapi diskriminasi sebagai seorang Muslim dan kesulitan menjalankan agamanya ketika ia bekerja di sebuah restoran sebelum bergabung dengan militer. Di tentara, katanya, dia bisa menjalankan agamanya tanpa dicurigai. Orang Prancis dari semua latar belakang lebih mengenal satu sama lain daripada masyarakat lainnya karena dipaksa untuk hidup bersama.

"Dalam tentara, Anda memiliki semua agama, semua warna kulit, semua asal-usul. Jadi itu memungkinkan keterbukaan pikiran yang tidak Anda temukan dalam kehidupan sipil," kata Azhar.

Inti masalahnya adalah laicite, yang memisahkan gereja dan negara, dan telah lama menjadi landasan sistem politik Prancis. Diabadikan dalam undang-undang tahun 1905, laicite menjamin kesetaraan semua agama. Tetapi selama bertahun-tahun, ketika Islam menjadi agama terbesar kedua di Prancis setelah Katolik Roma, laicite semakin ditafsirkan sebagai jaminan tidak adanya agama di ruang publik sedemikian rupa sehingga topik keyakinan pribadi menjadi hal yang tabu di negara tersebut.

 

 

Philippe Portier, seorang sejarawan terkemuka di laicite, mengatakan ada kecenderungan di Prancis untuk mengurangi agama di semua bidang pertemuan sosial, terutama karena para pejabat menganjurkan interpretasi laicite yang lebih ketat untuk memerangi Islamisme. Sebaliknya, militer semakin memandang agama sebagai hal penting untuk manajemennya sendiri.

Portier menambahkan, keanekaragaman diterima karena keragaman akan membentuk dasar kohesi. Menurutnya, bertentangan dengan pemikiran di banyak institusi Prancis adalah alasan mendasar dalam militer adalah bahwa tidak mungkin ada kohesi jika, di pada saat yang sama, "Anda tidak berkompromi dengan keyakinan individu."

"Pendekatan yang tepat adalah mempertimbangkan laicite sebagai prinsip dan bukan sebagai ideologi. Ketika itu menjadi sebuah ideologi, maka tidak terelakkan dalam menciptakan ketidaksetaraan," kata Jean-Jacques, pemuka agama Islam di Deir Kifa.

Pendeta Carmine, pendeta Protestan di pangkalan itu, mengatakan, tentara adalah bukti bahwa laicite bekerja selama tidak dimanipulasi. "Mengapa kita berbicara begitu banyak tentang laicite dalam beberapa tahun terakhir di Prancis," ungkapnya.

 

Sebuah laporan Kementerian Pertahanan Prancis tahun 2019 tentang laicite di militer menyimpulkan bahwa kebebasan berekspresi beragama tidak merusak kohesi atau kinerja sosial tentara. Berbeda dengan bagaimana laicite telah dilakukan di tempat lain di masyarakat, laporan Kemenhan Prancis tersebut mempromosikan "laicite yang damai" yang dapat terus menyesuaikan diri dengan realitas sosial negara.

"Model laicite liberal yang diwujudkan militer adalah laicite intelijen, laicite fine-tuning," kata Eric Germain, penasihat etika militer dan isu-isu agama di kementerian, yang mengawasi laporan tersebut.

Germain mengatakan, militer telah setia pada undang-undang 1905. Untuk menjaga kebebasan beribadah, layanan kerohanian sah di tempat-tempat umum tertutup tertentu, termasuk penjara, rumah sakit dan fasilitas militer. Negara memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan dukungan keagamaan yang profesional kepada militernya.

Integrasi Muslim ke dalam militer mencerminkan hubungan Prancis yang panjang dan rumit dengan dunia Islam. Seorang ahli militer Prancis dan Muslim di National Conservatory of Arts and Crafts yang berbasis di Paris, Elyamine Settoul, menerangkan bahwa pria Muslim dari kerajaan kolonial Prancis bertugas sebagai tentara sejak tahun 1840-an.

Dia menambahkan, awal abad lalu, ada upaya-upaya gelisah untuk memenuhi kebutuhan keagamaan tentara Muslim, termasuk penunjukan seorang pemuka agama Islam, meskipun hanya tiga tahun. Setelah Perang Dunia II, gerakan kemerdekaan di koloni Prancis, ditambah dengan ketidakpercayaan umum terhadap Islam, menunda upaya tersebut.

 

 

Masalah ini tidak dapat lagi diabaikan pada tahun 1990-an, karena akhir dari wajib militer diumumkan pada tahun 1996. Ketika militer memulai upaya perekrutan besar-besaran di wilayah kelas pekerja. Anak-anak imigran Muslim dari bekas koloni Prancis menjadi terlalu terwakili. Dan sekarang Muslim diyakini menyumbang 15 persen hingga 20 persen dari pasukan, atau dua hingga tiga kali lipat bagian Muslim dari total populasi Prancis.

Selain itu, menurut Settoul, perlakuan yang tidak setara terhadap kelompok Muslim memicu wacana viktimisasi dan sesuatu yang mengarah ke politik identitas. Kurangnya alternatif untuk makanan daging babi, yang dilarang dalam Islam, menciptakan ketegangan dan perpecahan dan bahkan menyebabkan perkelahian.

Untuk diketahui, pendeta Katolik, Protestan dan Yahudi secara resmi bertugas di militer Prancis sejak tahun 1880-an. Namun seabad kemudian, masih belum ada pemuka agama Islam untuk memenuhi kebutuhan tentara garis depan, yang sering kali harus beralih ke pendeta Katolik. Sebuah laporan tahun 1990 yang ditugaskan oleh Kementerian Pertahanan menyoroti risiko perpecahan internal kecuali tentara memberikan perlakuan yang sama kepada tentara Muslimnya.

Terlepas dari apa yang digambarkan Settoul sebagai kecurigaan yang melekat pada Islam, militer memasukkan pendeta Muslim pada 2005, sekitar waktu yang sama ketika bagian lain dari masyarakat Prancis pergi ke arah lain, melarang cadar Muslim dan simbol agama lainnya di sekolah umum. Hal ini memulai proses mengintegrasikan Muslim di depan masyarakat lainnya.

 

 

Pada 2019, ada 36 imam yang bertugas aktif, atau sekitar 17 persen dari semua pendeta. Ada juga 125 imam Katolik, 34 pendeta Protestan dan 14 rabi. Para prajurit yang melaksanakan sholat Jumat, mulai dari usia awal 20-an hingga awal 40-an, semuanya adalah anak-anak imigran.

Mereka tumbuh dengan mendengarkan orang tua atau kakek nenek mereka berbicara tentang shalat di tempat sementara sebelum masjid dibangun di kota mereka. Ada yang memiliki ibu atau saudara perempuan lainnya yang masih dicurigai karena bercadar.

Sersan Mohamed, ingat bagaimana menjadi lebih mudah untuk mempraktikkan agamanya sepenuhnya di ketentaraan. Sementara tentara Muslim telah diberikan ruangan besar untuk berkumpul dan shalat, mereka sekarang memiliki akses ke masjid. Di ketentaraan, Mohamed mengatakan, dia bisa mengambil cuti berbayar pada Idul Fitri, perayaan yang menandai akhir Ramadhan.

"Ayah saya bekerja selama 35 tahun, dan setiap bos mengurangi delapan jam kerja, tiak pernah membayangkan anak-anaknya akan bisa menjalankan agama mereka di tentara. Dalam 40 tahun, ada kemajuan yang luar biasa," kata Mohamed. Ayahnya berimigrasi dari Aljazair empat dekade lalu. 

Bagi Mohamed, integrasi Islam sama dengan pengakuan atas posisinya di militer. "Bahan bakar prajurit adalah pengakuan. Dan ketika ada pengakuan atas iman kami, seolah-olah Anda mengisi tangki bahan bakar kami," tuturnya.

 

 

 
Berita Terpopuler