Masjid Blackburn Inggris Menjadi Klinik Vaksin Covid-19

Masjid sangat proaktif dalam menyampaikan pesan, bekerja sama dengan dewan dan NHS.

Lancashire Telegraph
Masjid di Blackburn (ilustrasi)
Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, BLACKBURN -- Masjid Ghousia di Leamington Road, Inggris telah tiga kali menjadi pusat pengujian Covid-19. Namun hari ini, Selasa (8/6) Masjid disulap menjadi klinik vaksin Covid-19.

Baca Juga

Orang-orang dapat divaksinasi di masjid sejak pagi hingga pukul 16.00 waktu setempat, Kamis (9/6). Juru bicara Masjid, cllr Quesir Mahmood mengatakan telah mendatangkan tentara dan militer untuk melakukan pengujian cepat. 

"Baru pekan lalu kami membagikan hasil tes juga. Ini pertama kalinya kami mengadakan vaksinasi di masjid. Pagi ini sibuk dan relawan akan siap memandu semuanya melalui proses,"ujarnya dilansir di thisislanchiser.co.uk.

Quesir Mahmood mengatakan masjid sangat proaktif dalam menyampaikan pesan, bekerja sama dengan dewan dan NHS. Mereka yang divaksinasi di masjid dapat kembali untuk dosis kedua pada 4 Agustus.

Sejumlah pusat vaksinasi telah dibuka di daerah tersebut. Klinik vaksinasi sementara yang dibuka di Masjid-e-Saliheen di Didsbury Street juga buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 20.00 waktu setempat, berakhir pada Sabtu, 19 Juni 2021.

 

Setelah kasus Covid-19 meningkat, kini Inggris mengijinkan polisi dan tentara untuk membantu memvaksin warga.  Militer dapat direkrut untuk membantu melaksanakan program vaksinasi dan pengujian kasus Covid-19 yang mengalami lonjakan di Bury untuk menurunkan tingkat infeksi Covid-19

Status wilayah Bury daneluruh Greater Manchester telah ditingkatkan menjadi zona respon cepat. Pemerintah menjanjikan bantuan ke wilayah tersebut.

Polisi dapat melakukan pemeriksaan di tempat untuk memastikan masyarakat mematuhi aturan. Pedoman baru, yang tidak dapat ditegakkan oleh hukum, telah dikeluarkan untuk penduduk di Bury, termasuk meminimalkan perjalanan.

Tingkat infeksi terbaru untuk Bury adalah 188 per 100 ribu orang, atau 360 kasus baru dalam tujuh hari terakhir, dua kali lipat dari satu pekan lalu. Angka ini meningkat di semua lingkungan di wilayah tersebut, dan sekarang menjadi yang tertinggi kesepuluh di Inggris.

Ini juga berarti bahwa warga disarankan untuk meminimalkan perjalanan ke luar daerah, serupa dengan saran yang diberikan kepada Bolton dua pekan lalu. Orang-orang juga disarankan untuk lebih berhati-hati saat bertemu orang-orang di luar rumah tangga mereka.

 

 

Bantuan baru akan mencakup tim respons cepat, dan kemampuan untuk meminta bantuan dari militer dan lembaga seperti polisi, yang dapat membantu menegakkan aturan dan mendukung pemeriksaan di tempat kerja untuk memastikan mereka aman dari Covid.

Ini juga akan membantu Bury untuk melakukan tes massal siswa di sekolah, yang telah dimulai. Bury merekomendasikan kepada sekolah menengahnya beberapa pekan lalu bahwa masker wajah harus terus dipakai di kelas dan sekarang ini adalah saran resmi Pemerintah.

Penasihat Andrea Simpson, anggota kabinet untuk kesehatan dan kesejahteraan, mengatakan mereka telah meminta dukungan ekstra ini selama dua pekan terakhir, mengingat tingkat infeksi kami telah meningkat.

“Kita hanya harus menghentikan penyebaran virus ini, dan kita semua harus memainkan peran kita, hal terakhir yang diinginkan siapa pun adalah penguncian lagi. Lakukan vaksinasi ketika Anda diundang, dan kembali untuk dosis kedua Anda. Lakukan tes secara teratur sehingga kami dapat dengan cepat mengidentifikasi titik-titik infeksi, dan mengisolasi diri jika Anda mendapatkan hasil positif.Dan terus ikuti panduan,"ujar dia.

 

 

Bagaimanapun Bury telah membuat kemajuan luar biasa dalam vaksinasi. Sekitar 115 ribu warga Bury telah mendapatkan suntikan pertama mereka, dan 83 ribu sekarang memiliki dua suntikan, yang merupakan lebih dari setengah populasi orang dewasa.

“Kami juga telah mengetuk pintu di 4.000 lebih rumah tangga di bagian Bury yang ditargetkan, mendorong mereka untuk divaksinasi dan diuji, dan ini akan membantu kami menjangkau lebih banyak lagi wilayah kami,"jelas dia.

Klinik vaksinasi Covid sukses besar dan masih banyak lagi yang akan datang. Lebih banyak klinik vaksinasi Covid akan didirikan dalam beberapa hari mendatang menyusul keberhasilan klinik vaksin sementara akhir pekan lalu.

Lebih dari seribu orang datang ke Elizabethan Suite, Prestwich Walk-in Center dan Masjid Noor Ul Islam di Bury untuk menerima dosis pertama vaksin Pfizer. Rincian klinik baru akan dirilis sesegera mungkin.

 
Berita Terpopuler