Begini Pengobatan Kasus Covid-19 Tanpa Gejala Hingga Ringan

Isolasi mandiri dianjurkan dilakukan di ruangan yang benar-benar terpisah.

www.freepik.com
Begini Pengobatan Kasus Covid-19 Tanpa Gejala Hingga Ringan (ilustrasi).
Rep: Rr Laeny Sulistyawati Red: Muhammad Fakhruddin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Penularan Covid-19 di Tanah Air masih terjadi dan orang yang terinfeksi virus ini bisa mengalami beberapa kondisi, tanpa gejala, bergejala ringan, bergejala sedang, berat, hingga kritis. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, pengobatan pasien Covid-19 tanpa gejala hingga yang bergejala sedang bisa dilakukan sendiri dengan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, infeksi ini disebabkan oleh virus dan mayoritas pasti akan sembuh.

"Pengobatan Covid-19 untuk pasien tanpa gejala atau gejalanya sangat ringan sebenarnya dengan istirahat yang cukup, meminum vitamin, kemudian membatasi mobilitas dengan melakukan isolasi dan bisa sembuh dengan sendirinya. Makanya kami minta (pasien tanpa gejala dan bergejala ringan) melakukan isolasi mandiri yaitu dilakukan sendiri, bukan di tempat isolasi atau fasilitas pelayanan kesehatan," katanya saat mengisi sebuah diskusi virtual bertema Jaga Diri dengan Isolasi Mandiri, Kamis (3/6).

Kendati demikian, dia melanjutkan, syarat yang harus dipenuhi adalah tempat isolasi harus terpisah. Sebab, isolasi mandiri dianjurkan dilakukan di ruangan yang benar-benar terpisah dari keluarga. Selain itu, Nadia meminta pasien Covid-19 meski telah di ruangan khusus tetap memakai masker selama 24 jam. Kemudian, pasien isolasi mandiri harus mengkonsumsi makannya sendiri dan jangan bersama dengan anggota keluarga yang lain. Kemudian, mencuci piring bekas makan sendiri, cuci baju sendiri, dan yang juga penting adalah meminimalkan interaksi dengan anggota keluarga lainnya. 

"Jangan jalan-jalan mengambil makanan, itu harus diantarkan anggota keluarga dengan memakai masker kemudian pastikan menjaga jarak," ujarnya.

Ia menambahkan, isolasi mandiri dilakukan minimal 10 hari dan kemudian pasien menjalani tes Covid-19 lagi. Kemudian kalau hasilnya negatif, dia melanjutkan, maka masa isolasi mandiri bisa diteruskan hingga 14 hari dan setelah itu bebas dari isolasi mandiri. 

"Tetapi kalau masih ada gejala walau hasil tes negatif di hari ke-10 maka ditunggu sampai gejalanya hilang. Setelah gejala hilang dan empat hari kemudian baru isolasi mandiri selesai," katanya. 

 
Berita Terpopuler