Turki Umumkan Skuad untuk Euro 2020

Timnas Turki tercatat tidak pernah kalah dalam lima laga terakhir di semua ajang.

EPA-EFE/YURI KOCHETKOV
Pelatih timnas Turki Senol Gunes.
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pelatih timnas Turki, Senol Gunes, telah mengumumkan daftar 26 pemain yang bakal memperkuat Turki di putaran final Euro 2020. Selain sejumlah penggawa muda, seperti Merih Demiral dan Ozan Kabak, skuad Turki juga diisi oleh sejumah pemain senior, termasuk striker berusia 35 tahun, Burak Yilmaz.

Keberhasilan Yilmaz mengantarkan Lille menjadi kampiun Ligue 1 Prancis musim ini menjadi salah satu alasan utama Gunez memboyong Yilmaz. Pengalaman pemain dengan caps terbanyak di sepanjang sejarah timnas Turki itu diharapkan bisa membantu perkembangan para pemain muda tim berjuluk The Crescent-Star tersebut.

Tidak hanya itu, Turki juga menatap putaran final Euro 2020 dengan kepercayaan diri tinggi. Turki tercatat tidak pernah kalah dalam lima laga terakhir di semua ajang, termasuk saat membungkam Belanda, 3-2, di babak kualifikasi Piala Dunia 2022, akhir Maret lalu. Catatan apik ini tentu meningkatkan kepercayaan diri para penggawa muda Turki.

''Apabila tanpa melihat kehadiran Burak dan sejumlah pemain lain, mungkin skuad ini adalah skuad termuda Turki yang pernah tampil di turnamen Piala Eropa. Mungkin tim ini masih terbilang muda, tapi mereka telah mendapatkan pengalaman berharga dan kepercayaan diri dari hasil-hasil di sejumlah laga terakhir,'' kata Gunes seperti dilansir Charlotte Observer, Rabu (2/6).

Berada di Grup A putaran final Euro 2020, Turki bergabung bersama Italia, Swiss, dan Wales. Namun, Turki sudah harus menghadapi laga berat di laga pembuka, yaitu berduel dengan salah satu favorit juara, Italia, di Stadion Olimpico, Roma, 11 Juni 2021.

Gunes pun berambisi membawa Turki untuk menyajikan kejutan di laga tersebut.

''Berada di turnamen ini dan tampil di laga pembuka sudah menjadi kebanggaan tersendiri buat kami. Di setiap laga pembuka sebuah turnamen selalu ada kejutan tersendiri. Saya harap, kami menjadi paket kejutan itu di turnamen kali ini,'' kata pelatih yang berhasil mengantarkan Turki finis di peringkat ketiga terbaik di gelaran Piala Dunia 2002 tersebut.

Daftar Skuad Turki di Euro 2020

Penjaga Gawang:
Altay Bayindir (Fenerbahçe), Fehmi Mert Gunok (Medipol Basaksehir), Ugurcan Cakir (Trabzonspor)

Pemain Belakang:
Mehmet Zeki Celik (Lille), Caglar Söyüncü (Leicester), Kaan Ayhan (Sassuolo), Merih Demiral (Juventus), Mert Muldur (Sassuolo), Ozan Muhammed Kabak (Liverpool), Rıdvan Yılmaz (Besiktas), Cengiz Umut Meraş (Le Havre)

Pemain Tengah:
Yusuf Yazici (Lille), Dorukhan Toköz (Besiktas), İrfan Can Kahveci (Fenerbahce), Okay Yokuşlu (WBA), Orkun Kökçü (Feyenoord), Ozan Tufan (Fenerbahce), Taylan Antalya (Galatasaray), Hakan Calhanoglu (AC Milan)

Pemain Depan:
Burak Yilmaz (Lille), Cengiz Ünder (Leicester), Enes Unal (Getafe), Efecan Karaca (Alanyaspor), Abdulkadir Omur (Trabzonspor), Muhammed Kerem Aktürkoğlu (Galatasaray), Halil İbrahim Dervisoglu (Galatasaray), Kenan Karaman (Fortuna Dusseldorf).

 
Berita Terpopuler