Pejabat Tinggi Turki dan AS Bertemu Bahas Isu Palestina

Turki dan AS mengekspresikan kepuasan atas gencatan senjata Hamas-Israel.

Anadolu Agency
Serangan Israel ke Gaza
Rep: Dwina Agustin Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pejabat tinggi Turki dan Amerika Serikat (AS) melakukan pertemuan di Istanbul pada Sabtu (29/5). Pertemuan ini membahas hubungan bilateral dan masalah regional, termasuk keberhasilan gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Dalam pertemuan yang diadakan di Kantor Dolmabahce, juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, dan Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman, mengekspresikan kepuasan atas gencatan senjata yang terjadi setelah serangan Israel selama 11 hari. Para pejabat menekankan langkah-langkah konkret harus diambil untuk perdamaian permanen dalam kerangka solusi dua negara.

Dikutip dari Anadolu Agency, kedua perwakilan tersebut pun membahas agenda Konferensi Tingkat Tinggi NATO mendatang pada 14 Juni. Mereka juga bertukar pandangan tentang masalah yang akan dibahas Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Joe Biden di sela-sela KTT Brussel.

Kalin dan Sherman sepakat bahwa Turki dan AS harus melanjutkan upaya bersama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan. Keduanya menyinggung permasalahan-permasalahan di Afghanistan, Suriah, Libya, Nagorno-Karabakh, dan Ukraina.

Baca Juga

 
Berita Terpopuler