Berburu Malam Lailatu Qadar

Berburu Malam Lailatul Qadar pada Bulan Suci Ramadhan

Malam Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan Saat Bulan Ramadhan
Rep: Dandie Hambaliana Red: Retizen

Banyak sekali orang yang berburu malem Lailatulqadar,dimana bulan ini adalah bulan yang mulia, yang sangat di harapkan olehorang Islam bisa mendapatkan malam Laialtul Qadar, di karenakn Lailatulqadar adalah malam yang penuh berkah, sering disebutsebagai malam beribu bulan. Keberkahan lailatul qadar ini berganda-ganda karena terletak dibulan Ramadhan. Allah berfirman:

Bulan Ramadhan, yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan(permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasanmengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). (Q.S.al-Baqarah [2]: 185)

Ayat di atas merupakan Dalil,bagi orang yang menginginkan Lailatul qadar karena dimalam lailatul qadaradalah malam ddi turunkannya ayat Al-quran yang begitu Agung yang menjadi petunjuk,Rahmat bagi kita semua, maka dari itu banyak orang yang menanyakan kapanterjadinya malem Lailatul Qadar, mengutip dari beberapa hadis bawasanya tidakada kejelasan mengenai kapan terjadinya malem yang sangat mulia tersebut.

Meski demikian,Rasulullah meninggalkan clue (petunjuk) bagi orang yang bersungguh-sungguhingin mendapatkannya. Beliau bersabda (HR. Imam Bukhari):

Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhirbulan Ramadhan. Dalam riwayat lain dikatakan (HR. Imam Ahmad):

, , , , , , ,

Lailatul Qadar berada dibulan Ramadhan pada sepuluh hari terakhirnya, yaitu malam kedua puluh satu,atau kedua puluh tiga, atau kedua puluh lima, atau kedua puluh tujuh, ataukedua puluh sembilan, atau di akhir malam Ramadhan. Barangsiapa shalat malamkarena iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telahlampau dan dosa yang kemudian. Kesimpulannya, malam lailatul qadr lebihbaik dari seribu bulan. Tidak adanya batasan kebaikan bisa berartikebaikannya sampai akhir usia dunia, seperti yang dikatakan Syekh Abdul HalimMahmud, lebih baik dari usia zaman. Sebab, tidak adanya batas hanya bisadibatasi dengan hilangnya ruang dan waktu, dan itu hanya bisa terjadi setelahdunia dihancurkan (kiamat).

Jadiketika kita menginginkan malam Lailatu qadar maka berusahalah terus berdiridalam artian solat,berdzikir, dan perbanyak baca Al quran jangan sampai kitapilih-pilih hari karena sesungguhnya semua mahlauk tidak ada yangmengetahuinya.

Ilustrasi malam lailatul qadar

 
Berita Terpopuler