Sains Jawab Manfaat Tarawih untuk Fisik, Emosi, dan Otak

Tarawih meningkatkan kesehatan mental dan pengendalian diri.

AP/Muhammad Sajjad
Sains Jawab Manfaat Tarawih untuk Fisik, Emosi, dan Otak.
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tarawih adalah sholat malam tambahan yang dilakukan khusus pada bulan suci Ramadhan. Ritual ini dirasakan banyak orang membawa kenyamanan spiritual, psikologis hingga fisik yang luar biasa. 

Baca Juga

Dokter dari Kedokteran dan Presiden Islamic Research Foundation International Ibrahim B. Syed dalam esainya Manfaat Medis dari Tarawih yang dipublikasikan di situs IRFI, menyebutkan berbagai manfaat tarawih bagi kesehatan fisik, emosional, dan mental.

Manfaat mood dan kondisi mental

Menurut Syed, sholat tarawih, sebagaimana halnya sholat apapun yang dilakukan oleh umat Islam, memiliki efek yang sama pada tubuh dan pikiran seperti halnya olah raga ringan. Selain itu, tarawih meningkatkan suasana hati, pikiran dan perilaku seperti halnya olahraga.

Lebih jauh lagi, tarawih menimbulkan perasaan sejahtera dan energi yang lebih besar, mengurangi kecemasan dan depresi, mempengaruhi suasana hati dengan baik dan berkontribusi pada kepercayaan diri. Ibadah ini juga meningkatkan daya ingat pada orang tua terutama dengan pengulangan ayat yang konstan. 

Keadaan pikiran rileks yang dicapai melalui tarawih mungkin sebagian karena respons kimiawi otak terhadap kombinasi aktivitas otot yang berulang dengan pengulangan kata-kata yang diucapkan selama periode waktu tertentu. Latihan fisik, tetapi juga aktivitas lain seperti meditasi dan doa, menyebabkan sekresi neurotransmiter seperti Endorfin dan Encephalin secara positif mempengaruhi otak.

Pelepasan encephalin dan Beta-endorphins (Endogenous Morphines) bekerja pada sistem saraf pusat dan perifer untuk mengurangi rasa sakit dan memiliki efek menenangkan pada pikiran. Encephalin adalah salah satu zat seperti opiat paling kuat yang secara alami ada di dalam tubuh. Endorfin juga memiliki efek analgesik, tetapi juga mengurangi efek negatif stres, menimbulkan perasaan euforia dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Manfaat psikologis tarawih

Syed menyebutkan dalam esainya bahwa tarawih membantu mencapai respons relaksasi otak. Respons relaksasi adalah teori yang dikembangkan oleh seorang profesor Harvard, Herbert Benson, yang mempelajari dampak spiritualitas bagi kesehatan fisik dan yang karyanya berfungsi sebagai jembatan antara agama dan pengobatan serta pikiran dan tubuh.

Menurut Benson, pengulangan kata-kata tertentu secara terus menerus, seperti dalam doa atau meditasi, atau aktivitas otot ditambah dengan pengabaian pikiran intensif secara pasif, menyebabkan penurunan tekanan darah dan penurunan detak jantung dan pernapasan.

Menurut penelitian Pengaruh Sholat Tarawih pada Kesehatan Mental dan Kontrol Diriyang dilakukan oleh Quadri Syed Javeed, Kepala & Associate Professor bidang Psikologi di M.S.S. Art’s Commerce & Science College, di Jalna, India, yang diterbitkan dalam Golden Research Thoughts edisi Februari 2013, tarawih secara signifikan meningkatkan kesehatan mental dan pengendalian diri.

Dalam studinya, Javeed meneliti kesehatan mental lima puluh responden berusia 18-30 tahun sebelum dan sesudah shalat dengan menggunakan Inventaris Kesehatan Mental dan Inventaris Seri Kepribadian Multi Assessment, dan hasilnya menguatkan hipotesisnya tentang efek positif tarawih pada kesejahteraan mental dan spiritual.  

 

Manfaat untuk otak

Penjelasan lain tentang efek menguntungkan dari taraweeh pada kesehatan mental dapat ditemukan dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli saraf Universitas Missouri Brick Johnstone dan oleh Profesor dan Direktur Penelitian Myrna Brind Center of Integrative Medicine Andrew Newberg.

Studi tentang aktivitas otak biarawati Francescan dan meditator Buddhis selama doa mereka dan menemukan bahwa selama pengalaman spiritual, aktivitas lobus parietal kanan otak menurun secara signifikan.

Lobus parietal kanan adalah wilayah kecil di dekat bagian belakang otak yang secara konstan menghitung orientasi spasial seseorang, perasaan di mana tubuh seseorang berakhir dan dunia dimulai. Dengan kata lain, itu adalah bagian dari otak yang bertanggung jawab atas rasa diri. 

Penurunan aktivitas lobus parietal kanan menyebabkan rasa tidak mementingkan diri sendiri, dan pengalaman tidak mementingkan diri sendiri, menurut pendapat Johnstone berdampak positif terhadap kesehatan psikologis terutama di antara orang-orang yang beriman kuat kepada Tuhan.

“Penelitian kami berfokus pada pengalaman pribadi transendensi spiritual dan tidak dengan cara apapun meminimalkan pentingnya agama atau keyakinan pribadi, juga tidak menunjukkan bahwa pengalaman spiritual hanya terkait dengan aktivitas neuropsikologis di otak,” kata Johnstone. 

“Penting untuk dicatat bahwa individu mengalami Tuhan mereka atau kekuatan yang lebih tinggi dalam berbagai cara, tetapi semua orang dari semua agama dan kepercayaan tampaknya mengalami hubungan ini dengan cara yang sama," katanya. 

Allah SWT berfirman dalam Alquran: 

 

"Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman). Dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang." (QS. Al-A'la: 14-15).

 
Berita Terpopuler