Bantai Bilbao 4-0, Barcelona Juara Copa del Rey

Ini jadi trofi pertama Ronald Koeman di Barca.

EPA-EFE/Julio Munoz
Para pemain Barcelona merayakan keberhasilan menjadi juara Copa Del Rey 2020/2021, setelah mengalahkan Athletic Bilbao, Ahad (18/4).
Rep: Muhammad Ikhwanuddin Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Barcelona berhasil juara Copa del Rey musim 2020/2021 setelah mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 4-0, Ahad (18/4) dini hari WIB. 


Ini merupakan trofi pertama Ronald Koeman di musim perdananya melatih Barcelona. Meski sempat melalui drama internal klub, pelatih asal Belanda itu berhasil membuktikan kualitasnya. 

Barcelona tampil dengan pola 3-4-1-2 racikan Ronald Koeman. Pelatih asal Belanda itu sedang mencoba formasi dua penyerang dalam beberapa laga terakhir. Antoine Griezmann dan Lionel Messi dipasang sebagai duet lini depan. 

Formasi itu terbukti efisien meski belum efektif membuahkan skor. Setidaknya ada delapan sepakan ke arah gawang Bilbao selama 45 menit pertama. 

Tak hanya Messi dan Griezmann, Jordi Alba dan Sergino Dest yang tampil sebagai gelandang dan sayap kanan juga acap kali merepotkan barisan pertahanan lawan. 

Di sisi Bilbao, formasi 4-4-2 sejauh ini sukses menahan laju Barcelona. Tim asuhan Marcelino itu cenderung bertahan dengan menahan bola di sektor tengah lapangan. 

Gelandang Bilbao, Dani Garcia diganjar kartu kuning karena dianggap bermain terlalu keras. Skor kacamata akhirnya bertahan hingga turun minum. 

Bak mesin diesel yang butuh waktu lama untuk panas, Barcelona baru tampil trengginas di babak kedua. 

Antoine Griezmann membuka pesta gol di menit ke-60 sebelum Frenkie De Jong menambah keunggulan berselang tiga menit kemudian. 

Lionel Messi turut  mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-68, kemudian menutup kemenangan Blaugrana lewat gol pamungkas timnya di menit ke-72. 

Dengan hasil ini, Barcelona berhasil keluar sebagai juara. Mereka setidaknya mendapat satu gelar sebelum kembali bersaing di La Liga Spanyol. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler