Mimpi Manchester City Raih Quadruple Sudah Pupus

Manchesetr City tumbang saat melawan Chelsea di Piala FA.

EPA-EFE/NEIL HALL
Hakim Ziyech mencetak gol kemenangan Chelsea atas Manchester City dalam laga semifinal Piala FA, Ahad (18/4) dini hari WIB.
Rep: Muhammad Ikhwanuddin Red: Joko Sadewo

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --  Semifinal Piala FA yang mempertemukan Chelsea melawan Manchester City di Wembley Stadium, Ahad (18/4) dini hari WIB berakhir 1-0 untuk kemenangan pasukan The Blues. Akibatnya, peluang The Citizens meraih quadruple musim ini sudah sirna. 


City sejatinya bisa meraih empat gelar sekaligus dalam satu musim seandainya melaju ke final dan merebut juara Piala FA. Namun, Chelsea masih terlalu tangguh untuk Raheem Sterling dan kawan-kawan. 
 
Kedua tim cenderung bermain aman di paruh pertama. Thomas Tuchel memasang pola 3-4-2-1 dalam laga ini. Umpan-umpan pendek menjadi andalan Chelsea selama 45 menit pertama.
 
Formasi itu pula yang membuat Chelsea lebih dominan di paruh pertama dalam urusan pengusaan bola. Namun, keduanya seimbang dalam mencetak peluang, mereka sama-sama melepaskan dua tendangan mengarah ke gawang. 
 
Chelsea sempat menghadirkan peluang lewat sepakan Ben Chilwell meski masih bisa dibendung kiper City. Reece James bahkan mencoba peruntungan lewat tendangan jarak jauhnya. 
 
Sementara City dengan pola 4-2-3-1, mengutamakan umpan terobosan dari arah sisi kiri dan kanan lapangan. Peran Ferran Torres dan Raheem Sterling menjadi sangat penting untuk mengalirkan bola ke depan. 
 
City bahkan harus memaksa para bek sayap untuk turun tangan membantu serangan. Sempat menyalurkan beberapa umpan silang ke tengah, usaha tersebut selalu patah di lini pertahanan Chelsea. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.
 
City mendapat kabar buruk ketika Kevin De Bruyne dinyatakan mengalami cedera di babak pertama. Guardiola akhirnya memasukkan Ilkay Gundogan dan Phil Foden untuk menambah daya gedor.
 
Meski begitu, Chelsea justru menjadi pihak yang bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik. Berawal dari serangan balik dari sektor kiri, Timor Werner mengirim umpan silang terarah yang kemudian dikonversi menjadi gol oleh Hakim Ziyech di menit ke-55.
 
Jual beli serangan terus terjadi di paruh kedua. Chelsea ingin menambah keunggulan dengan memasukkan Christian Pulisic, Kai Havertz, Emerson Palmieri dan Kurt Zouma. Namun rencana mereka tidak membuahkan hasil. 
 
City juga tidak mampu memperbaiki keadaan. Serangan mereka selalu tertahan di barisan pertahanan Chelsea. Skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Chelsea berhak melaju ke partai final sambil menanti hasil laga semifinal lainnya antara Leicester City melawan Southampton.
 
Susunan Pemain Chelsea (3-4-2-1):
 
Kepa Arrizabalaga, Azpilicueta, Thiago Silva, Rudiger, James, N'Golo Kante, Jorginho, Ben Chilwell, Ziyech, Mount, Werner
 
Susunan Pemain Manchester City (4-2-3-1):
 
Zack Steffen, Mendy, Laporte, Dias, Cancelo, Rodri, Fernandinho, Sterling, Kevin De Bruyne, Ferran Torres, Gabriel Jesus
 
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler