5 Fakta Menarik Jelang Laga Ajax Vs Roma

Ajax ternyata baru dua kali bertemu AS Roma di turnamen klub tingkat Eropa.

EPA/ PETER KLAUNZER
Stadion kandang Ajax Amsterdam Johan Cruijff Arena.
Red: Yudha Manggala P Putra

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Klub papan atas Belanda Ajax bakal menjamu serigala Italia AS Roma dalam pertandingan leg pertama babak 8 besar Europa League 2020/2021, Jumat (9/4) dini hari WIB ini. Laga bakal berlangsung di Johan Cruijff Arena, Amsterdam pada pukul 02.00 WIB.

Kedua tim memang memiliki sejarah panjang dalam kiprahnya di kancah turnamen Eropa. Namun, pertemuan ini ternyata baru yang kedua kali bagi mereka. Yang pertama pada tahap kedua penyisihan grup Liga Champions 2002/03. Saat itu Ajax menyingkirkan AS Roma dengan agregat 3-2.

Berikut catatan 5 fakta menarik jelang laga Ajax vs Roma seperti dikutip dari laman resmi UEFA:

1. Kedua tim bertemu untuk pertama kalinya di Liga Champions musim 2002/03 UEFA. Ajax saat itu dilatih Ronald Koeman memenangkan leg pertama dengan skor 2-1.  Kedua gol dicetak Zlatan Ibrahimović dan Jari Litmanen. Roma, yang masih diasuh Fabio Capello, lalu hanya bisa bermain imbang 1-1 saat bermain di Stadio Olimpico. Menang agregat, Ajax melaju ke perempat final dan menggugurkan AS Roma.

2. Kemenangan melawan Roma pada Desember 2002 di Belanda merupakan kemenangan terakhir kali Ajax melawan tim Italia di kandang. Sejak itu, Ajax telah melakoni 10 pertandingan melawan klub asal Negeri Pizza di Amsterdam. Hasilnya enam kali seri, empat kali kalah. Kekalahan terakhir dialami saat melawan Atalanta pada laga keenam fase grup Liga Champions, Desember 2020. Ajax saat itu kalah 1-0.

3. Ajax sepanjang sejarah telah mencatatkan 13 kemenangan, 17 seri, dan 17 kekalahan melawan klub asal Italia. Total 50 gol tercipta dari seluruh pertandingan tersebut.

4. Ajax sudah lima kali melawan klub Italia pada tahap final turnamen Eropa (Liga Europa/Liga Champions). Mereka mengalahkan Inter Milan pada 1973 (2-0), Juventus pada 1974 (1-0), dan AC Milan pada 1995 (1-0). Sisanya mereka dikalahkan AC Milan pada 1969 (1-4) dan Juventus pada 1996 (1-1 lanjut ke penalti dengan skor 2-4)

5. AS Roma sendiri baru enam kali bermain melawan klub asal Belanda di tingkat Eropa. Rekornya sama rata, menang dua kali, seri dua kali, dan kalah dua kali. Terakhir mereka berjumpa Feyenoord pada babak 16 besar Liga Eropa 2014/15. Setelah bermain imbang 1-1 pada leg pertama di kandang, Roma kemudian menang 2-1 saat bermain di Rotterdam.


sumber : UEFA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler