Arteta Buka Peluang Turunkan Trio Aubameyang-Lacazette-Pepe

Namun, pelatih asal Spanyol itu enggan mengambil risiko.

Adam Davy / POOL
Mikel Arteta.
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Saat Arsenal menghadapi Liverpool, akhir pekan lalu, pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menurunkan trio Pierre Emerick Aubameyang-Alexandre Lacazette-Nicolas Pepe di lini serang The Gunners untuk pertama kalinya pada musim ini. Sayangnya, ekperimen itu berujung pada kegagalan. Di laga itu, The Gunners tidak mampu mencetak gol dan dipaksa menelan pil pahit dengan kekalahan 0-3 dari The Reds. 


Kendati begitu, Arteta agaknya masih penasaran untuk bisa menurunkan trio Aubameyang-Lacazette-Pepe di laga The Gunners berikutnya, termasuk saat menghadapi Slavia Praha pada leg pertama babak perempat final Liga Europa, Jumat (9/4) dini hari WIB. 

Tiga pemain tersebut memang berada di tiga posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak Arsenal di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Lacazette menjadi top skorer sementara Arsenal dengan torehan 11 gol, diikuti Aubameyang dengan koleksi sembilan gol. 

Sedangkan Pepe berbagi tempat dengan Bukayo Saka di posisi ketiga usai sama-sama mengemas lima gol. Arteta menilai, salah satu penyebab kekalahan The Gunners dari Liverpool, akhir pekan lalu, bukanlah semata-mata tidak adanya koneksi dan kesepahaman antara tiga pemain tersebut di lini serang The Gunners. 

Namun, seluruh para penggawa The Gunners di laga itu tidak menunjukan koneksi dan kesepahaman permainan yang tepat. 

''Koneksi harus tercipta di antara 11 pemain. Keterhubungan itu nantinya menciptakan permainan yang mengalir. Hal itu yang tidak bisa kami tunjukan di laga kontra Liverpool. Jadi, kekalahan itu bukan semata-mata kesalahan tiga pemain tersebut, tapi karena kami semua. Rasanya tidak bagus hanya menyalahkan individu-individu tertentu,'' kata Arteta seperti dilansir Football London, Kamis (8/4). 

Di laga kontra Liverpool, Aubameyang dipercaya sebagai winger kiri dan Pepe sebagai winger kanan, sementara Lacazette diturunkan sebagai penyerang tengah. Bukan tidak mungkin, Arteta akan menurunkan pilihan pemain serupa di laga kontra Slavia Praha. 

Terlebih, pelatih asal Spanyol itu tentu tidak mau mengambil risiko dengan menurunkan Bukayo Saka di posisi winger kiri selama 90 menit laga. Pasalnya, pemain asal Inggris baru saja pulih dari cedera hamstring. 

Arteta pun mengungkapkan, ada sejumlah alasan yang membuatnya tidak memiliki kesempatan menurunkan trio Aubameyang-Lacazette-Pepe di laga-laga Arsenal sebelumnya. Mulai dari cedera hingga alasan taktik dan strategi. 

''Selain itu, kami juga harus mempertimbangkan alternatif lain agar tim ini bisa tampil dengan kekuatan maksimalnya,'' tutur Arteta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler