Pelatih Belanda Singgung Kans Van De Beek ke Euro 2020

Van de Beek terancam tidak dipanggil memperkuat timnas Belanda di Euro 2020.

AP/Dean Mouhtaropoulos/Pool Getty Images
Pemain timnas Belanda, Donny van de Beek, terancam tidak dipanggil pelatih Frank de Boer di Euro 2020.
Rep: Frederikus Bata Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Apakah pelatih tim nasional Belanda, Frank de Boer, bakal memanggil Donny van de Beek pada kejuaraan Eropa musim panas tahun ini? Entahlah.

Sang gelandang semakin memasuki periode krisis. Itu karena minimnya menit bermain yang diperoleh Van de Beek di Manchester United.

Teranyar, De Boer masih menyertakan eks Ajax Amsterdam itu pada kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun di pertandingan pertama kontra Turki, pesepak bola yang bulan depan berusia 24 tahun itu sama sekali tidak diturunkan.

Belanda tak berdaya pada laga perdana Grup G. Dalam duel di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Kamis (25/3) dini hari WIB, skuat Negeri Kincir Angin menyerah 2-4 dari tuan rumah. Tak terlihat aksi Van De Beek pada laga tersebut. 

Baca Juga

Legenda Belanda: Van de Beek Salah Pilih Klub
Legenda MU Ini Anggap Penampilan Van de Beek Biasa Saja

Dalam pernyataannya, De Boer belum patah semangat. Ini terkait harapannya akan nasib asuhnya itu.

"Situasinya lebih sulit. Dia sedang dalam tahap awal kariernya. Saya juga tidak akan langsung menyerah," kata eks juru taktik Crystal Palace, dikutip dari Mirror.

Tapi bagaimanapun, sang arsitek tim harus mengambil keputusan. Hanya ada 23 nama yang bakal dipanggil.

Van de Beek baru tampil sebanyak 311 menit pada ajang Liga Primer Inggris musim ini. Sejak pergantian tahun, yang bersangkutan belum pernah menjadi starter United di kompetisi tersebut.

Legenda MU Ini Anggap Penampilan Van de Beek Biasa Saja
Van der Vaart Provokasi Van de Beek, Soal Apa?

"Saya pikir sesuatu yang logis dia ingin bertarung dalam tim. Mari berharap itu akan terjadi. Saya belum memiliki keraguan," ujar De Boer.

Jelas, sang pelatih masih yakin anak asuhnya bisa menjadi pilihan utama di lini tengah Iblis Merah. Tapi waktu menuju Piala Eropa edisi terkini sudah semakin mepet.

Pada awal 2021, De Boer sudah berupaya mencari solusi terbaik. Ia meminta Van de Beek berbicara dari hati ke hati dengan pihak terkait. "Mungkin akan lebih baik baginya untuk berdiskusi dengan klub tentang apa yang mereka inginkan darinya," jelas meneer berusia setengah abad itu, beberapa waktu lalu.

 
Berita Terpopuler