Lima Peristiwa Bersejarah di Bulan Rajab

Rajab adalah bulan mulia.

Republika
Lima Peristiwa Bersejarah di Bulan Rajab
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rajab adalah salah satu bulan yang dianggap mulia dalam kalender Islam. Ini adalah bulan damai di mana pertempuran dilarang. Bulan ini juga adalah bulan yang mendahului Sya'ban dan Ramadhan.

Baca Juga

Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 36 yang artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Ketika datang bulan Rajab, Nabi Muhammad saw juga biasa berdoa:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Bacaan latin: Allahumma barik lana fi rajaba wasya‘bana waballighna ramadlana

Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

Kemuliaan bulan Rajab juga terjadi karena banyaknya peristiwa bersejarah di bulan ini. Dilansir dari About Islam, berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam selama bulan suci Rajab.

Infografis Delapan Nama Lain Bulan Rajab - (Republika.co.id)

 

Perjalanan lsra dan Mi'raj

Pada bulan ini, Nabi Muhammad saw melakukan lsra dan Mi'raj, bepergian dengan Malaikat Jibril dari Kabah di Makkah ke masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Dari sana, Nabi lalu melakukan perjalanan melalui tujuh langit pada tanggal 27 Rajab.

Awal Perintah Sholat

Umat ​​Muslim percaya dalam Mi'raj Nabi Muhammad (kenaikan ke surga), Allah SWT menetapkan lima sholat wajib bagi setiap Muslim.

Pertempuran Tabuk

Pertempuran Tabouk terjadi pada bulan Rajab, sembilan tahun setelah hijarah Nabi Muhammad SAW. Panggilan perang diumumkan saat Kekaisaran Byzantium dimobilisasi untuk menyerang negara Muslim.

Pembebasan Yerusalem

Pada bulan Rajab juga, wilayah Yerusalem dibebaskan dari tentara salib oleh Shalahuddin Al-Ayubi pada tahun 583 kalender hijriyah. Pawai pembebasan yang dimulai oleh pemimpin Muslim Imad ad-Din Zingi, memuncak dengan kemenangan besar di tangan Saldin.

Akhir Kekhalifahan Islam

Kekhalifahan secara resmi dihapuskan pada tanggal 28 Rajab tahun 1342 Hijriyah. Penghapusan kekhalifahan terjadi dengan berakhirnya khilafah utsmani yang berbasis di Turki. 

 
Berita Terpopuler