Intip Diet Vegan ala Pesepak Bola Crystal Palace

Koki klub sengaja menyiapkan berbagai jenis masakan yang berbahan dasar tumbuhan.

EPA-EFE/Frank Augstein
Para pemain Crystal Palace (ilustrasi).
Rep: Muhammad Ikhwanuddin Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Crystal Palace menerapkan kebijakan diet vegan untuk para pemainnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas fisik para penggawa the Eagles agar tetap prima. 

Baca Juga

Dilansir dari laman resmi klub, Selasa (2/3), koki khusus untuk klub sengaja menyiapkan berbagai jenis masakan yang berbahan dasar tumbuhan. 

Julien Maisonneuve, orang yang bertanggung jawab terhadap asupan gizi para pemain mengatakan, ia harus kreatif dalam mengolah masakan untuk mencegah rasa jenuh. 

"Kita tahu para pemain butuh setidaknya 3.200 kalori per hari dengan aktivitas normal. Namun, mereka saat ini butuh sekitar 5.500 sampai 6.000 kalori," kata Julien. 

Ia mengungkapkan, pihaknya wajib memasak menu tanpa lemak, mentega, dan krim. Ia menggunakan biji chia untuk meningkatkan protein. 

"Saya menerapkan menu berbasis tumbuhan sejak Januari untuk pemain dan keluarga saya. Ada banyak protein yang terkandung di sana," ujarnya. 

Untuk sarapan...

.

Untuk sarapan, , Julien mengganti telur dengan bahan lain yang berbahan dasar tanaman. Ia memasak bubur dengan tambahan buah-buahan. 

"Kami membuat mousse cokelat tanpa krim dan mentega. Rasanya berbeda tapi pemain menyukainya," kata dia. 

Jika tim sedang bertandang ke markas lawan, Julien juga bertanggung jawab terhadap makanan yang pemain makan. Untuk itu, ia memberikan daftar menu kepada pihak hotel yang dipakai menginap. 

"Kami punya menu yang ketat. Kalaupun hanya ada ayam, maka saya menentukan jenis ayam yang boleh dimakan. Itu pedoman bagi para koki di mana pun," kata dia.

Setelah pulang dari laga tandang, Julien juga sudah menyiapkan menu khusus yang akan dikonsumsi para pemain dalam perjalanan. Julien dibantu oleh 12 orang staf untuk menyelesaikan pekerjaan. 

"Sebagai koki, saya harus mengerjakan ini. Ini cara terbaik untuk melakukannya," kata dia.

 
Berita Terpopuler