Rekor Berimbang Chelsea Vs Atletico Madrid di Eropa

Chelsea dan Atletico sama-sama mengantongi dua kemenangan dari tujuh bentrokan.

Chelsea vs Atletico Madrid
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, BUKAREST -- Pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Arena Nationala, Bukarest, Rumania, Rabu (24/2) dini hari WIB, bakal menandai babak baru rivalitas Atletico Madrid dengan Chelsea di kompetisi Eropa. Kedua tim akan melakoni laga ini dengan sama-sama mengantongi dua kemenangan dari tujuh bentrokan terakhir di semua ajang Eropa. 

Baca Juga


Rekor pertemuan antara keduanya memang benar-benar seimbang. Bahkan, catatan gol keduanya di tujuh bentrokan terakhir itu juga identik. Baik Atletico Madrid dan Chelsea sama-sama mengemas 11 gol dalam tujuh laga tersebut. 

"Dari tujuh bentrokan tersebut, enam laga digelar di pentas Liga Champions, dan satu laga dihelat di partai final Piala Super Eropa,'' tulis laporan laman resmi Chelsea, Selasa (23/2). 

Pertemuan terakhir antara kedua tim terjadi babak penyisihan Grup C Liga Champions musim 2017/2018. Pada saat itu, Chelsea berhasil unggul 2-1 saat melawat ke Stadion Wanda Metropolitano pada pertemuan pertama, dan memetik hasil imbang 1-1 kala menerima lawatan Los Rojiblancos pada pertemuan kedua. 

Sebelumnya, Chelsea dan Atletico Madrid juga sempat saling berhadapan di fase grup D Liga Champions musim 2009/2010. Pada saat itu, hasil serupa juga dicatatkan Chelsea saat dua kali berhadapan dengan Atletico Madrid di putaran grup D. Kemenangan 4-0 atas Atletico Madrid di Stadion Stamford Bridge, tidak bisa diulangi The Blues yang ditahan imbang 2-2 oleh Los Rojiblancos di Stadion Vicente Calderon. 

Kendati begitu...

.

Kendati begitu, dua kemenangan atas The Blues justru didapat Los Rojiblancos kala tampil di fase gugur Liga Champions dan partai final Piala Super Eropa. Di partai semifinal Liga Champions musim 2013/2014, Los Rojiblancos berhasil menyingkirkan Chelsea dengan agregat 3-1.

Pada leg pertama, Chelsea ditahan imbang tanpa gol Atletico Madrid di Stadion Vicente Calderon. Pada leg kedua yang dihelat di Stadion Stamford Bridge, Chelsea sempat unggul lebih dulu via gol dari Alvaro Morata pada menit ke-36. Namun, Atletico bisa menyamakan kedudukan melalui gol Adrian Lopez pada menit ke-44. Atletico akhirnya bisa membungkam Chelsea lewat dua gol, yang masing-masing dicetak Diego Lopez dan Arda Turan pada babak kedua. 

Kekalahan menyakitkan dialami Chelsea saat berhadapan dengan Atletico Madrid di pentas Piala Super Eropa pada 2012 silam. Dalam laga yang digelar di Stadion Stade Louis II, Monaco, Chelsea yang berstatus juara bertahan Liga Champions dibekap Atletico yang datang sebagai juara Liga Europa dengan skor 4-1. 

Hat-trick Radamel Falcao dan gol Miranda bersarang di gawang Chelsea, yang saat itu masih dikawal Petr Cech. The Blues hanya bisa membalas lewat gol Garry Cahill pada menit ke-75. Itu menjadi kekalahan pertama The Blues di partai Piala Super Eropa sejak terakhir kali menyabet trofi tersebut pada 1998 silam. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler