Tips Aman Bersepeda Agar Tetap Bugar dan Sehat

Pemahaman keselamatan bersepeda perlu dilakukan.

RENO ESNIR/ANTARA
Tips Aman Bersepeda Agar Tetap Bugar dan Sehat. Warga bersepeda melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (3/1/2021). Meski Car Free Day belum diberlakukan karena Pemprov DKI masih memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sejumlah warga tetap berolahraga melintasi jalan Sudirman - Thamrin di ibu kota.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga bersepeda semakin meningkat popularitasnya di kalangan masyarakat selama pandemi. Seiring dengan meningkatnya minat bersepeda, peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan keselamatan juga perlu dilakukan.

Baca Juga

Perusahaan penyedia layanan mobilitas transportasi 3M membagikan beberapa tips untuk bersepeda secara aman, sekaligus menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Berikut sejumlah tips yang bisa dijajal pesepeda, dikutip dari pernyataan resmi 3M.

1. Periksa kelengkapan sepeda

Sebelum memulai aktivitas bersepeda, periksa kondisi fisik sepeda yang akan digunakan. Pastikan seluruh bagian sepeda seperti rem, ban, dan rantai sepeda berada dalam kondisi yang prima untuk menghindari insiden tak terduga.

2. Ikuti protokol kesehatan Covid-19

Sesuai dengan arahan pemerintah, menggunakan masker pernapasan sangat dianjurkan saat berolahraga. Pesepeda di luar ruangan tetap perlu mengenakannya. 3M menyarankan masker dengan filter karbon aktif yang melindungi dari partikel besar dan debu.

Masker tersebut juga bisa menghindari paparan bau tak sedap dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Pastikan juga untuk tetap menjaga jarak aman dari orang lain saat bersepeda dan jangan lupa untuk membawa botol kecil hand sanitizer.

 

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Perubahan cuaca tidak mudah diprediksi. Tambahan lapisan pakaian merupakan salah satu cara yang baik untuk menurunkan atau meningkatkan suhu tubuh dengan cepat. Kenakan pakaian yang nyaman atau pakaian olahraga yang pas untuk bersepeda.

Jika bersepeda di malam hari dalam kondisi minim cahaya, sangat disarankan memakai pakaian atau sepatu yang memiliki bahan reflektif. Tujuannya, agar dapat tetap terlihat oleh pengguna jalan saat disinari oleh sumber cahaya lain.

4. Utamakan keselamatan

Jangan lupa mengenakan helm pelindung kepala, sarung tangan, serta bantalan siku dan lutut. Penting juga untuk mempelajari dan mematuhi rambu dan peraturan lalu lintas saat berada di jalan raya untuk mengurangi risiko kecelakaan.

 

5. Identitas diri

Selalu bawa beberapa bentuk identitas diri saat bepergian. Hal ini amat penting jika seseorang memiliki kondisi medis khusus. Simpan KTP, sejumlah uang tunai, atau kartu ATM di dalam tas dengan aman serta dapat dijangkau dengan mudah.

6. Pertahankan energi dan tetap terhidrasi

Alih-alih mengandalkan kedai makanan, ada baiknya membawa sendiri bekal makanan seperti camilan energy bars dan botol air. Fungsinya, untuk menjaga energi dan tetap terhidrasi. Ingat, jangan membuang sampah sembarangan saat bersepeda.

 
Berita Terpopuler