6 Poin Pertimbangan Vaksin Covid dari Sudut Pandang Islam

Pelestarian hidup merupakan salah satu tujuan inti ajaran Islam.

REUTERS/CARL RECINE
6 Poin Pertimbangan Vaksin Covid dari Sudut Pandang Islam. Jamaah masjid Al Abbas Islamic Center, Balsal Heath, Birmingham Inggris menerima suntikan vaksin Covid-19, Kamis (21/1). Diharapkan sekitar 300 hingga 500 orang menerima vaksin di tempat ini.
Rep: Kiki Sakinah Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Green Lane Masjid and Community Center (GLMCC), di Small Heath, Birmingham, Inggris dalam pernyataan persnya, membeberkan enam poin untuk dipertimbangkan orang-orang tentang vaksin Covid-19 dari sudut pandang Islam.

Baca Juga

Pertama, pelestarian hidup merupakan salah satu tujuan inti dari hukum Islam (maqasid ash shariah) dan Islam. Allah berfirman dalam Alquran: "Dan jika seseorang menyelamatkan nyawa, itu akan seperti dia menyelamatkan seluruh umat manusia" (QS. 5:32).

Kedua, masjid merasa memiliki kewajiban untuk mengambil setiap langkah yang mungkin guna memastikan nyawa terselamatkan dan publik aman. Ketiga, Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan untuk menggunakan perawatan medis, sebab seperti disebutkan dalam hadits riwayat Abu Dawud bahwa Allah tidak membuat penyakit tanpa menunjuk obat untuk itu.

Keempat, sebagai Muslim, mereka diinstruksikan berkonsultasi dengan para ahli sebelum membuat keputusan di bidang yang tidak kita miliki pengetahuannya. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam Alquran surat 21 ayat 7.

Kelima, penyembuh segala penyakit hanyalah Allah SWT. Dalam hadits riwayat Bukhari dikatakan, Allah adalah yang Maha Menyembuhkan, dan tidak ada obat kecuali melalui Allah.

Baca juga : Tiga Negara akan Geser Indonesia Jadi Negara Muslim Terbesar

 

Keenam, menyebarkan informasi yang keliru dan teori konspirasi tidak diperbolehkan dalam Islam. Sebagaimana Alquran surat 17 ayat 36, agar manusia tidak mengejar sesuatu yang tidak diketahui kebenarannya.

Dilansir di Birmingham Live, Rabu (27/1), British Islamic Medical Association memberikan informasi dan panduan lebih lanjut tentang vaksin Covid-19. Lembaga tersebut merekomendasikan vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk individu yang memenuhi syarat dalam komunitas Muslim.

Namun, individu harus meminta saran dari praktisi medis mereka dan membuat keputusan setelah mendapat persetujuan. Terlepas dari ketersediaan vaksin, pihaknya mengingatkan kewaspadaan dengan penggunaan masker, jarak sosial, ventilasi yang memadai, dan kebersihan tangan yang baik yang dinilai tetap penting dan sangat efektif dalam menangani pandemi ini.

 

"Pada saat publikasi, ada tingkat penularan Covid-19 yang sangat tinggi di seluruh Inggris, dengan beban yang tidak proporsional lagi pada etnis minoritas," kata asosiasi tersebut.

 
Berita Terpopuler