Koeman Geram, Lagi-Lagi Barcelona Bermain Hingga 120 Menit

Seharusnya skuad Barca bisa mengamankan kemenangan lebih cepat.

EPA-EFE/Alberto Estevez
Pelatih Barcelona Ronald Koeman.
Rep: Frederikus Bata Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, CORNELLA -- Barcelona susah payah melewati adangan UE Conella sebelum lolos ke babak 16 besar Coppa del Rey. Barca menundukkan tim asal Divisi III Liga Spanyol itu dengan skor 2-0 di Camp Municipal de Cornella, Jumat (22/1) dini hari WIB.

Semua gol tim tamu tercipta pada extra time. Ini yang membuat pelatih Barca Ronald Koeman geram.

Koeman merasa pasukannya menyusahkan diri sendiri. Awak Barca, menurutnya, terlalu menyia-nyiakan peluang selama waktu normal.

"Sekali lagi kami bermain hingga 120 menit. Tentu merupakan masalah karena itu berarti dalam tiga pertandingan beruntun kami seperti ini," kata Koeman dikutip dari Marca.

Sebelum terlibat dalam duel sesama tim Katalan ini, Barcelona tampil di Piala Super Spanyol. Pada ajang tersebut, Barca selalu bermain hingga extra time di semifinal dan final.

Menurut Koeman, seharusnya melawan Cornella, skuad Barca bisa mengamankan kemenangan lebih cepat. Sehingga segalanya bisa lebih mudah dalam hal pengaturan tempo.

Namun raksasa Katalan tampil kurang efektif. Bahkan ada tendangan penalti yang gagal berbuah gol.

Itu semakin menambah kekesalan Koeman. Sepanjang musim ini bergulir, awak Blaugrana telah lima kali gagal mengeksekusi penalti dengan baik dari 12 percobaan.

"Tidak ada banyak tekanan saat menendang karena tanpa penonton. Anda hanya membutuhkan kepala yang dingin," ujar Koeman.

Hanya Lionel Messi yang piawai memainkan peran itu. Selebihnya, jika tanpa La Pulga, beberapa jugador Barca gagal.

Koeman ingin ada pelatihan lebih pada sektor tersebut. Pada kesempatan serupa, ia juga memuji kiper Cornella, Ramon Juan, yang menggagalkan sejumlah peluang emas Barcelona. "Penjaga gawang mereka, pemain terbaik di lapangan," ujar juru taktik asal Belanda ini.

 
Berita Terpopuler