Tahun Ini Krakatau Steel Fokus Perkuat Hilirisasi Baja

Tahun ini Krakatau Steel akan fokus menguatkan anak usaha.

facebook.com/krakatausteelofficial
Logo baru PT Krakatau Steel (Persero) Tbk
Rep: Intan Pratiwi Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini PT Krakatau Steel optimis akan terus memperbaiki kinerja perusahaan. Salah satu strategi KS untuk bisa memperbaiki kinerja perusahaan dengan menguatkan sektor hilir sebagai pendongkrak margin perusahaan.

Baca Juga

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim menjelaskan pada tahun lalu KS melaunching 15 produk hilir. Produk hilir ini merupakan kerjasama antara KS dengan industri baja dalam negeri.

"Ini akan kami tingkatkan dan kami meningkatkan pemasarannya. 15 produk hilir baru ini harapannya selain bisa meningkatkan utilisasi pabrik baja dalam negeri juga bisa memberikan nilai tambah," ujar Silmy kepada Republika.co.id, Ahad (17/1).

Silmy juga menjelaskan dari sisi KS sendiri, tahun ini KS akan fokus menguatkan anak usaha yang memang selama ini bergerak di produk turunan seperti pipa dan baja ringan. Silmy mengatakan KS ingin membuat produk siap pakai dengan merek KS yang bisa memasok kebutuhan infrastruktur.

"Dengan adanya anak usaha bidang pipa, lalu juga produk turunan daripada produk hulu baja kita teruskan lagi. Nggak sebatas produk yang dijual ke distributor atau pengguna. Kita bikin merek merek KS sampai ke Baja ringan dan hal hal lain yang menarik. untuk keperluan infrastruktur," ujar Silmy.

 

 

Ia juga mengatakan KS saat ini sedang membuka ruang diskusi dengan para motor penggerak pabrik otomotif baik di dalam negeri maupun luar negeri. Khususnya investor yang berencana untuk membangun pabrik otomotif di Indonesia.

"Kita siapkan dari hulu mrmproduksi slep untuk produk turunan bagi otomatif high end. Hyundai kan sedang invest ke Indonesia. Kita bicara dengan hyundai, kita bicara mitra strategis KS bisa supply untuk industri otomatif yang masuk ke Indonesia. Ini akan sangat baik untuk meningkatkan margin keuntungan KS," ujar Silmy.

Ia berharap dengan strategi tersebut penjualan baja pada tahun ini bisa tumbuh 25 persen. Disatu sisi, ditengah perbaikan kondisi keuangan perusahaan, Silmy berharap KS pada tahun ini sudah mulai membukukan keuntungan.

"Kami targetkan penjualan bisa tumbuh 25 persen. Disatu sisi, kita berupaya untuk bisa membukukan keuangan," ujar Silmy.

 

 
Berita Terpopuler