Tiga Kandidat Resmi Presiden Barcelona 2021

Dewan Pemilihan Presiden Barcelona 2021 telah menetapkan tiga kandidat resmi.

Barcelona
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  BARCELONA -- Dewan Pemilihan Presiden Barcelona 2021 telah menetapkan tiga kandidat resmi Pemilihan Presiden Barcelona yang bakal digelar pada 24 Januari mendatang. Tiga kandidat ini dinilai telah melengkapi semua persyaratan untuk bisa dipilih sebagai presiden Barcelona yang baru dan pengganti Joseph Maria Bartemou.

Baca Juga

Tiga kandidat tersebut adalah Joan Laporta, Victor Font, dan Toni Freixa. Tiga tokoh ini asal Barcelona ini telah memenuhi persyaratan sebagai kandidat presiden Barcelona, terutama soal tanda tangan dukungan minimal 2.527 tanda tangan dan bisa memberikan jaminan dana sebesar 125 juta euro.

''Berdasarkan hasil pertemuan Dewan Pemilihan Presiden Barcelona pada Kamis (14/1) waktu setempat, telah ditetapkan tiga kandidat resmi presiden Barcelona. Setelah melakukan validasi tanda tangan dukungan, Joan Laporta, Victor Font, dan Toni Freixa berhak maju ke proses pemilihan presiden Barcelona selanjutnya,'' tulis pernyataan resmi Barcelona seperti dilansir Marca, Jumat (15/1).

 

 

Mantan Presiden Barcelona, Joan Laporta, sebelum sempat menyertakan tanda tangan dukungan mencapai 10.272 tanda tangan. Namun, dari suara dukungan terhada Laporta tersebut, hanya 9.625 yang dinilai valid. Sementara tanda tangan dukungan terhadap Victor Font tervalidasi sebanyak 4.431 dari 4.713 tanda tangan yang didaftarkan. Sedangkan Toni Freixa, yang mendaftarkan 2.882 tanda tangan, memiliki validasi tanda tangan dukungan mencapai 2.634.

Sebelumnya, sejumlah nama tokoh sempat digadang-gadang bakal mencalonkan diri sebagai kandidat Presiden Barcelona. Tokoh-tokoh tersebut antara lain, Agusti Benedito, Xavi Vilajoana, Jordi Farre, Lluis Fernandez Ala, Pere Riera, dan Emili Rousaud. Namun, para calon kandidat ini tidak bisa melangkah ke fase selanjutnya lantaran tidak bisa memenuhi persyaratan. 

Rencananya, tiga kandidat Presiden Barcelona ini akan bertemu dengan Presiden ad interim Barcelona, Carles Tusquets, di markas besar Barcelona pada Jumat (15/1) waktu setempat. Hingga kini, Dewan Pemilihan Presiden Barcelona belum memberikan detail teknis penyelenggaran pemungutan suara Presiden Barcelona, terutama terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Nantinya, 110.569 anggota klub dan pemilik suara akan memilih Presiden Barcelona yang baru sebagai pengganti Bartemou yang mengundurkan diri, beberapa waktu lalu. Lokasi pemungutan suara ini akan ditempatkan di sejumlah wilayah, termasuk di Camp Nou, Tarragona, Lleida, Girona, Tortosa, Andorra, Valencia, Madrid, Seville, dan Palma di Mallorrca. 

 
Berita Terpopuler