Arsenal Menjaga Konsistensi

Arsenal akan menjamu Crystal Palace di Stadion Emirates, Jumat (15/1) dini hari WIB.

EPA/Andy Rain
Para pemain Arsenal (ilustrasi)
Rep: Eko Supriyadi Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mikel Arteta menuntut skuad Arsenal tampil konsisten saat the Gunners berburu empat kemenangan beruntun di Liga Primer Inggris. Arsenal akan menjamu Crystal Palace di Stadion Emirates, Jumat (15/1) dini hari WIB. Terakhir kali Arsenal mendapatkan empat kemenangan beruntun yaitu pada Oktober 2018. Klub asal London Utara itu akhirnya menemukan performa terbaiknya kembali, setelah tekanan terhadap Arteta sebagai pelatih kian besar.

Baca Juga


Arsenal sempat berada di peringkat 15, setelah tak merasakan kemenangan di liga hampir selama dua bulan. Namun, mengalahkan Brighton dan West Bromwich Albion di liga, serta kemenangan 2-0 atas Newcastle di Piala FA, dinilai cukup mengembalikan kepercayaan diri Pierre-Emerick Aubameyang cs. Dengan kemenangan berikutnya atas Palace dan kemudian Newcastle United, Arteta berharap Arsenal naik peringkat dari posisi 11 saat ini.

"Kami ingin menjaga konsistensi itu dan memiliki keyakinan bahwa kami bisa maju ke setiap pertandingan dengan perasaan kami akan memenangkannya," kata Arteta, dikutip dari laman resmi Arsenal, Rabu (13/1).

Arteta menyebut dua pertandingan selanjutnya merupakan laga penting buat Arsenal untuk mencapai tujuan mereka. Jika memenangkan dua pertandingan itu, bisa membuka peluang Arsenal untuk bersaing mendapatkan posisi empat besar. "Saya pikir dua pertandingan selanjutnya akan krusial untuk melihat arah mana yang akan kami ambil," ujar Arteta.

Namun, hal itu tidak akan mudah. Arteta sadar, Palace tim yang berbahaya, apalagi saat melawan tim besar. Palace kompak dan terorganisasi, dengan pemain yang punya kemampuan individu untuk merepotkan lawan. Palace yang juga bermarkas di London sudah empat pertandingan tak terkalahkan lawan Arsenal di liga.

Skuad asuhan Roy Hodgson...

1

.

Skuad asuhan Roy Hodgson baru mengakhiri lima laga tak pernah menang di liga, usai mengalahkan Sheffield Untied 2-0 pada pertandingan terakhir. Kunjungan terakhir the Eagles ke Stadion Emirates juga cukup meyakinkan. Pertandingan pada Oktober 2019 tersebut berakhir imbang 2-2, setelah Palace sempat tertinggal 0-2. Belum lagi, Palace punya rekor lumayan dalam derbi London musim ini, dengan sekali menang dan dua imbang pada empat pertandingan terakhir, termasuk menahan Tottenham Hotspur 1-1 pada awal Desember 2020.

Arsenal belum bisa diperkuat oleh Thomas Partey, yang sudah absen sejak Desember. Arteta melakukan rotasi besar dalam menghadapi Newcastle di Piala FA, tapi kemungkinan akan kembali menggunakan starting XI saat berhadapan dengan West Bromwich Albion, dua pekan lalu. Artinya, ada peluang Emile Smith Rowe kembali bersinar di lini tengah, dengan Alexandre Lacazette memipin serangan Meriam London. Hanya Gabriel Martinelli yang dikonfirmasi cedera, setelah engkelnya terkilir pada pertandingan lawan Newcatle.

Sementara, Palace kemungkinan tak diperkuat delapan pemain karena berbagai alasan, termasuk Mamadou Sakho dan Martin Kelly. Scott Dann dan Hary Cahill pun diragukan bisa main, sehingga Cheikhou Kouyate akan mengisi posisi bek tengah. Luka Milivojevic, yang sudah mencetak lima gol dalam enam pertemuan dengan Arsenal, juga bakal diandalkan Hodgson, walaupun sebelumnya melanggar aturan Covid-19.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler