Ujian Mental Atalanta di Coppa Italia

Atalanta akan menjamu Cagliari di Stadion Atleti Azzurri d'Italia, Jumat (15/1) WIB.

EPA/Paolo Magni
Pemain Atalanta merayakan gol (ilustrasi).
Rep: Anggoro Pramudya Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, BERGAMO -- Tiga kemenangan dalam tiga laga terakhir pada awal 2021 membuat Atalanta kian percaya diri dalam mengarungi sisa musim ini. Modal positif itu akan coba dipertahankan pasukan Gian Piero Gasperini saat bentrok melawan Cagliari pada babak 16 besar Coppa Italia 2020/2021. Atalanta akan menjamu Cagliari di Stadion Atleti Azzurri d'Italia, Jumat (15/1) dini hari WIB.

Baca Juga


Atalanta berada dalam penampilan terbaik. Terbukti Duvan Zapata dan kawan-kawan berhasil menggilas lawannya dengan skor telak. Bahkan produktivitas gol Atalanta meroket dengan mencetak lebih dari tiga gol dalam tiga pertandingan sebelumnya melawan Benevento, Parma, dan Sassuolo.

"Saya senang kami menemukan kembali kepercayaan diri kami, pengetahuan yang kami dapat mainkan," kata Gasperini dikutip Football Italia, Rabu (13/1).

Sempat kesulitan saat mengarungi pertandingan di awal musim, tim asal Bergamo, utara Italia perlahan kembali menemukan ritme permainan yang dimilikinya seperti beberapa musim lalu. Ia tidak ingin sesumbar lebih jauh. Gasperini hanya meminta armada i Nerazzurri untuk fokus dari setiap pertandingan yang akan mereka jalani. Sebab, berbagai tantangan berat akan hadir dalam beberapa pekan ke depan.

"Saya tidak tahu apakah kami bisa menjaga intensitas ini ketika bermain di setiap tiga hari sekali, terutama karena kami memiliki jadwal di Coppa Italia, dan kemudian melakoni laga tunda versus Udinese," sambung pelatih asal Italia ini.

Namun, allenatore berusia 62 tahun meyakinkan saat ini mentalitas Atalanta berada di tempat yang tepat, dan itu sangat membantu mereka untuk mengatasi kelelahan dari agenda padat yang akan dijalani. Total 40 gol di ajang kompetisi Seri A dibukukan Atalanta, menjadikan Sang Dewi sebagai salah satu tim terproduktif kedua di bawah Inter Milan yang mengoleksi 43 gol dari 17 laga yang telah dimainkan.

Rotasi menjadi...

1

.

Rotasi menjadi  solusi bagi Gasperini untuk menyiasati padatnya jadwal yang akan dialami Atalanta. Joakim Maehle diprediksi akan menempati posisi Hans Hateboer sebagai bek sayap kanan. Sementara Mattia Caldara bisa mengisi bek tengah menggantikan peran Cristian Romero. Adapun Luis Muriel yang jadi garansi gol hampir di setiap kesempatan, diprediksi akan memulai laga sejak menit awal bersama Duvan Zapata.

Kondisi yang sangat berbeda terlihat pada laga ini. Pasalnya, Cagliari kehilangan momen bagus dari tiga partai sebelumnya. Tim besutan Eusebio Di Francesco menelan kekalahan beruntun dari Napoli, Benevento, serta Fiorentina. Kunjungan terakhir Cagliari ke Bergamo awal musim ini, juga berakhir pahit. Sebelumnya, Isolani menelan kekalahan 2-5 dari Atalanta di Stadion Atleti Azzurri d'Italia.

Kerap dikatakan bahwa pertarungan di Coppa Italia bisa membangun kepercayaan diri tim yang mendapatkan hasil negatif. Namun, untuk mendapatkan dorongan yang sangat dibutuhkan pekan ini, Cagliari harus mati-matian untuk mengatas Atalanta yang sedang dalam tren positif. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler