Kutukan Semifinal Kembali Menerpa Solskjaer

Ini bukan kali pertama Solskjaer gagal memenangkan laga semifinal bersama timnya.

EPA-EFE/Paul Ellis 
Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer (kiri) berbincang dengan juru taktik Manchester City Josep Guardiola setelah kedua tim bentrok pada lanjutan Liga Primer Inggris 2020/2021 di Old Trafford, Ahad (13/12).
Rep: Muhammad Ikhwanuddin/Rahmat Fajar Red: Didi Purwadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manager Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, gagal membawa timnya melenggang ke partai final Piala Liga Inggris musim ini. MU dipaksa menyerah 0-2 dari menjamu Manchester City di babak semifinal Piala Liga di Stadion Old Trafford, Manchester, Kamis (7/1) dini hari WIB.

Gol dari John Stones dan Fernandinho memberi tim asuhan Pep Guardiola kemenangan. Dalam pembukaan pertandingan, upaya kedua tim dianulir karena offside. Sepakan Kevin De Bruyne membentur tiang sebelum Phil Foden juga menjebol gawang MU, tetapi dianulir karena offside.

City unggul lima menit setelah turun minum ketika Stones mencetak gol. Fernandinho memastikan kemenangan tujuh menit dari waktu normal dengan tendangan voli yang menakjubkan saat ia menerkam sundulan sapuan dari bek MU Aaron Wan-Bissaka.

"Manchester City bisa mencetak lebih banyak gol bagus. Kami harus mengakuinya,'' keluh Manager Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, seperti dilansir Tribal Football, Kamis (7/1). 

Ini bukan kali pertama Solskjaer gagal memenangkan laga semifinal bersama Manchester United.

Kutukan Semifinal

Pada musim lalu, Solskjaer bersama MU juga tumbang di babak semifinal di tiga turnamen sekaligus. Pertama, babak empat besar Piala Liga Inggris 2019/2020. Seperti tahun sekarang, tahun lalu MU juga bertemu Manchester City di semifinal Piala Liga.

Di leg pertama pada awal Januari 2020, MU dipaksa menyerah 1-3 dari menjamu City di Old Trafford. The Red Devils akhirnya pun tersingkir dengan agregat 2-3 setelah hanya mampu menang 1-0 di leg kedua di kandang Citizens pada akhir Januari 2020.

MU musim lalu juga tumbang di babak semifinal Piala FA. The Red Devils disingkirkan Chelsea dengan skor kekalahan 1-3.

Di level Eropa, Manchester United melenggang mulus hingga mencapai babak semifinal Europa League 2019/2020. Di partai semifinal tersebut, MU bertemu Sevilla dari Spanyol.

Manchester United kembali menyerah dengan skor 1-2. Dan, Sevilla akhirnya berhasil menjuarai Europa League 2019/2020 dengan mengalahkan Inter Milan 3-2 di partai final.

Sempat Yakin

Solskjaer sebelumnya sangat yakin mampu mengalahkan City. Performa ciamik Manchester United selama sebulan terakhir, membuat Solskjaer menjadi percaya diri.

Keyakinan Solskjaer didasarkan kepada pencapaian pasukannya belakangan ini. Rekor tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir liga telah membuat MU menduduki urutan kedua klasemen.

The Red Devils pun menyamai koleksi poin Liverpool yang memimpin klasemen dengan 33 poin. Serangkaian situasi tersebut yang membuat Solskjaer yakin United akan berhasil membenamkan City.

"Kami percaya diri, kami tengah dalam performa bagus, jadi tidak ada alasan,'' kata Solskjaer, seperti dikutip Antara dari Reuters, Rabu (6/1). Tapi sayang, skuad Ole Gunnar Solskjaer akhirnya menyerah 0-2 dari pasukan Pep Guardiola.

 
Berita Terpopuler